Harga Emas Hari Ini, Kamis 03 Juni 2021

Harga Emas Hari Ini, Kamis 03 Juni 2021
Ilustrasi Harga Emas Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga emas naik berada di bawah posisi puncak selama hampir lima bulan yang dicapai pada sesi sebelumnya. Kenaikan harga emas dipengaruhi imbal hasil Treasury AS, sementara investor menunggu data ekonomi utama minggu ini yang akan menjelaskan prospek inflasi.

Melansir laman CNBC, Kamis (3/6/2021), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.906,80 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 8 Januari di USD 1.916,40, pada hari selasa.

Adapun harga emas berjangka AS ditutup naik 0,3 persen menjadi USD 1.909,90. "Pada titik ini antisipasi dari beberapa berita ekonomi yang keluar minggu ini ... yang akan meningkatkan kekhawatiran mengenai inflasi dan akan berdampak positif pada momentum di pasar emas," kata Jeffrey Sica, Pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Sica mengatakan jika momentum di pasar saham mencegah emas menembus lebih tinggi. Adapun benchmark imbal hasil obligasi 10-tahunan AS turun di bawah 1,60 persen.

Ini mengurangi biaya peluang memegang emas, yang tidak membayar bunga, sementara pasar saham melayang mendekati rekor tertinggi.

Tunggu Rilis Data Ekonomi

Investor sekarang menunggu data penggajian AS yang akan dirilis pada Jumat untuk mengukur isyarat kebijakan moneter di masa depan.

"Kemacetan dalam rantai pasokan dan kenaikan harga komoditas dapat membatasi potensi pertumbuhan manufaktur AS, dan Federal Reserve memperhatikan data pasar tenaga kerja," kata analis Commerzbank Daniel Briesemann.

Di sisi lain, indeks dolar turun dari sesi tertingginya, membuat emas lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya.

“Dolar yang lebih lemah dan inflasi yang tinggi (baik yang diharapkan maupun yang nyata) akan memberikan dukungan untuk emas. Kami terus melihat emas di USD 2.000 pada paruh kedua tahun ini,” kata analis ED&F Man Capital Markets Edward Meir.

Di antara logam mulia lainnya, harga paladium stabil di posisi USD 2.860,21 per ounce, perak naik 0,7 persen menjadi USD 28,10, dan platinum turun 0,2 persen menjadi USD 1.189,10.