Harga Emas Hari ini, Jumat 14 Agustus 2020

Harga Emas Hari ini, Jumat 14 Agustus 2020
Tumpukan emas batangan. - Bloomberg

Jakarta, Aceh Bisnis - Harga emas kembali menguat setelah sempat tertekan pada awal pekan, didorong oleh keyakinan investor terkait dengan rekor reli harga emas pada tahun ini.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas spot terpantau menguat 0,09 persen di kisaran US$1.955,54 per troy ounce pada pukul 07.05 WIB, setelah sempat menyentuh US$1.890 per troy ounce.

Sementara itu Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2020 terpantau melemah 0,22 persen ke posisi US$1.966,30 per troy ounce pada pukul 06.55 WIB.

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya masih mempertahankan perkiraan bullish untuk komoditas emas kendati harga mulai berfluktuasi dalam beberapa sesi perdagangan.

“Kami melihat akan banyak likuiditas yang disuntikkan ke sistem keuangan. Sebagai gambaran, aset perbankan negara G4 telah mencapai US$6 triliun secara year-to-date,” tulis Hariyanto dalam riset terbarunya, seperti dikutip pada Kamis (13/8/2020).

Dari US$6 triliun tersebut, Hariyanto menunjukkan Bank Sentral AS (Federal Reserve) merupakan kontributor paling besar senilai US$2,7 triliun.

Dia juga menjelaskan bahwa banjir likuiditas di dalam sistem keuangan akan meyakinkan investor untuk terus mengoleksi aset safe haven seperti emas.

Pasalnya, investor bisa khawatir uang akan kehilangan nilai ketika bank sentral terus-menerus menggelontorkan stimulus.

Sebelumnya, harga emas sempat terkoreksi pada Selasa (12/8/2020) karena investor melakukan aksi ambil untung atau profit taking dan muncul sentimen penemuan vaksin Covid-19 di Rusia.

Kendati demikian, logam mulia dan turunannya masih menjadi kelompok komoditas dengan performa terbaik pada tahun ini.

Sumber:Bisnis.com