Harga Bitcoin Merosot ke Posisi Terendah dalam 10 Tahun

Harga Bitcoin Merosot ke Posisi Terendah dalam 10 Tahun
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Jakarta, Aceh Bisnis - Investor melakukan aksi jual bitcoin sepanjang Mei 2021. Akan tetapi, hal tersebut harus kembali dlihat apakah investor akan lepas untuk selamanya.

Pada perdagangan Jumat waktu setempat, harga bitcoin turun 8 persen. Sepanjang Mei 2021, bitcoin telah anjlok 36 persen pada Mei 2021, dan mencatat kinerja terburuk sejak September 2011.

Sentimen negatif yang berturut-turut telah membawa bitcoin merosot dari level tertinggi sepanjang masa di atas USD 64.000 pada April 2021.

CEO Tesla Elon Musk mengubah bitcoin dengan memberi tahu pelanggan baru-baru ini kalau raksasa mobil listrik ini tidak akan lagi menerima bitcoin sebagai pembayarannya karena kekhawatiran dampak lingkungan dan penambangan bitcoin yang butuh banyak energi. Demikian dilansir dari CNN, Sabtu pekan ini.

Musk pun sedikit melunakkan pendiriannya. Berkat dorongan CEO MicroStrategy Michael Saylor bertemu dengan beberapa penambang bitcoin yang berbasis di Amerika Utara untuk membicarakan masalah penggunaan energi.

China juga telah meningkatkan tindakan kerasnya terhadap uang kripto dan Departemen Keuangan Amerika Serikat telah meluncurkan rencana baru untuk mengenakan pajak bitcoin lebih banyak. Sementara itu, the Federal Reserve telah isyaratkan tentang kemungkinan membuat dolar digital.

Harga bitcoin yang melemah merembet ke uang kripto lainnya. Coin binance, XRP, dan Polkadot telah alami kerugian besar pada Mei. Kripto lainnya ethereum bertahan lebih baik. Eter hanya turun enam perseroan. Sedangkan dogecoin turun sedikit.