Gubernur Nova: Calender of Event Aceh 2021 Momentum Bangkitnya Pariwisata

Gubernur Nova: Calender of Event Aceh 2021 Momentum Bangkitnya Pariwisata

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menilai Kalender event (Calender of Event) Aceh 2021 menjadi momentum bangkitnya pariwisata di Provinsi itu.

Peryataan tersebut disampaikannya pada kegiatan peluncuran Kalender event (Calender of Event) Aceh 2021 di Banda Aceh, Senin (22/03/2021).

Dari data yang ada, kata dia, terdapat 67 buah agenda festival wisata dan budaya sepanjang tahun 2021 di Aceh. Sebanyak 3 diantaranya berhasil masuk dalam “Kharisma Event Wisata Nasional 2021” yaitu Festival Seudati, Festival Ramadhan, dan Aceh Culinary Festival.

Ia juga mengatakan, peluncuran kalender even diharapkan dapat menjadi titik awal untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Aceh yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Semoga semangat masyarakat khususnya pelaku industri pariwisata tidak surut untuk membangkitkan kembali Pariwisata Aceh. Kita akan terus mengembangkan sektor Pariwisata dan Industri Kreatif dengan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi sesuai dengan yang dijalankan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,ungkap Nova.

Gubernur berharap semua kegiatan dan acara wisata maupun budaya yang telah diagendakan dalam kalender even tersebut dapat berjalan dengan baik di Aceh.

“Insya Allah Aceh bisa menjadi titik awal kebangkita ekonomi pariwisata Indonesia pasca Covid-19,”ujar Nova.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, mengapresiasi Pemerintah Aceh dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) atas keberaniannya untuk memulai aktivitas pariwisata Aceh demi membangkitkan kembali perekonomian.

“Apresiasi luar biasa untuk menggelar acara ini. Ini adalah suatu komitmen dan keberanian untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Aceh,”kata Nia.

Ia pun mengingatkan agar tidak meninggalkan disiplin protokol kesehatan jika ingin sukses di setiap event yang telah diagendakan. Hal tersebut juga sejalan dengan arahan Menparekraf Sandiaga Uno, agar pelaku pariwisata terus adaptif dan inovatif, demi mendorong gerakan ekonomi di Indonesia termasuk Aceh.

Kegiatan peluncuran kalender even Aceh 2021 dan pembukaan Aceh Travel Mart (ATM) 2.0 itu diikuti oleh setiap pengurus DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) dari setiap provinsi di seluruh tanah air beserta Ketua umumnya, Safor Mardianto. Hadir juga Director Tourism Malaysia, Hishamuddin Mustafa, serta para pelaku pariwisata dan pelaku usaha di dalam maupun luar negeri.

Kegiatan itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, memakai faceshield dan menjaga jarak.(adv)