Gubernur Aceh Sesalkan Pembagunan Pabrik Semen Laweng Dihentikan

Gubernur Aceh Sesalkan Pembagunan Pabrik Semen Laweng Dihentikan
ÔÇÄFoto: Konferensi pers 100 hari kerja Irwandi-Nova di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat (13/10/2017). [Hafiz Erzansyah]

Banda Aceh - ÔÇÄGubernur Aceh, Irwandi Yusuf melalui Wakil Gubernur, Nova Iriansyah mengatakan, dirinya menyesalkan pemberhentian sementara pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia Aceh (SIA) yang rencananya akan dibangun di Laweung, Pidie.

Hal ini dikatakannya dalam konferensi pers 100 hari kerja kepemimpinan Irwandi-Nova yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur, Banda Aceh, Jumat (13/10/2017). Dirinya menyesalkan pemberhentian pembangunan pabrik semen tersebut.

"Sebelum dilantik, saya sudah pernah diutus oleh gubernur pada periode sebelumnya untuk bertemu Direktur PT SIA guna membahas persoalan yang masih berkendala, beliau juga mendukung penuh termasuk permasalahan lahanÔÇÄ. Namun Allah berkehendak lain, beliau meninggal dunia setelah sebulan kami bertemu," ujarnya.

Pasca meninggal dunianya Direktur tersebut, jelas Nova, pergantian direktur yang baru pun terjadi. Akan tetapi, pergantian tersebut masih menjalani uji kelayakan, sehingga dirinya belum dapat membangun komunikasi lebih lanjut.

"ÔÇÄPadahal kalau pabrik ini tetap dibangun, pabrik baru bisa beroperasi pada 2024. Oleh karena itu ditelusuri ulang apa saja yang menjadi masalah sebenarnya terkait hal tersebut," kata Wakil Gubernur.

Sementara itu, Wakil Gubernur juga mengatakan, masalah yang terjadi secara umum terkait hal tersebut adalah permasalahan lahan yang bukan dengan PT SIA, namun dengan perusahaan sebelumnya yang terlebih dahulu membebaskan lahan dan hingga kini belum dapat diselesaikan.

"ÔÇÄIntinya masalah itu bukan dengan PT SIA, tetapi dengan perusahaan sebelumnya," tambahnya.

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH