GM PLN Aceh: Suplay Listrik Aman Selama Ramadhan

GM PLN Aceh: Suplay Listrik Aman Selama RamadhanAcehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis - General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, Abdul Mukhlis menyatakan, bahwa suplay listrik di Provinsi itu aman saat bulan Ramadhan. 

"Saya akan berusaha agar jaringan listrik di wilayah aceh terdistribusi dengan baik kepada pelanggan. Sehingga masyarakat tidak perlu kwatir mati lampu,"ungkap Abdul Mukhlis di Banda Aceh.

Peryataan tersebut disampaikannya saat pelepasan rombongan Media Gathering ke Aceh Tengah di kantor PLN UIW Banda Aceh, Senin (5/4/2021). 

Terkait adanya tudingan kesengajaan memadamkan listrik pada saat masyarakat sedang menunaikan ibadah puasa, Ia menjelaskan, pihaknya tidak ingin listrik itu padam saat masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa, pada saat masyarakat tarawih dan sahur.

Saat ini, kata dia, listrik Aceh mengalami surplus. Pada tahun 2020 daya listrik PLN di Aceh mencapai 641,7 MW. Sementara beban puncak hanya 523,4 MW. Sehingga listrik Aceh surplus 118,3 MW. 

"Saat ini listrik Aceh lebih, surplus. Bagaimana mungkin, kita tahu pada saat bulan puasa itu pelanggan kita meningkat, tapi kita padamkan. Itu tidak mungkin, itu tidak kami inginkan. Jadi perlu diluruskan,"paparnya. 

Namun, sebut dia, ada beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan listrik di Aceh, di antaranya layangan hingga ranting pohon. 

Ada beberapa gangguan jaringan yang terjadi, salah satunya ranting-ranting pohon. Kemudian layangan, banyak masyarakat kita bermain layangan, anak-anak bermain layangan sehingga tersangkut pada jaringan. "Kita juga berusaha keras mencari di mana gangguan tersebut, karena jaringan listrik di Aceh sangat luas," sebut Abdul. 

"Kita tidak ingin masyarakat menjadi korban. Oleh sebab itu kita mengimbau jangan bermain layangan di dekat jaringan listrik. Untuk ranting pohon kita juga coba kita bersihkan agar tidak menggangu jaringan," katanya. 

Selain itu, tambah Abdul, pihaknya juga mendukung program lingkungan dengan penanaman pohon. "Kita juga konsen mendukung kelestarian lingkungan, reboisasi, selain itu kita juga beberapa waktu lalu melepaskan tukik, ini bentuk keseriusan PLN mendukung konservasi penyu,"pungkas dia.()