Gempa Berkekuatan 4,2 Magnitudo Guncang Takengon dan Bener Meriah

Gempa Berkekuatan 4,2 Magnitudo Guncang Takengon dan Bener Meriah
Ilustrasi gempa(Shutterstock)

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang Takengon dan Bener Meriah, Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 16.06 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, hasil analisa BMKG menujukkan gempa ini berkekuatan 4,5 magnitudo.

"Episenter terletak pada koordinat 4,67 LU dan 96,46 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 40 kilometer Tenggara Pidie Jaya pada kedalaman kilometer," ujarnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal Aceh.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di kota Takengon dan Bener Meriah (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," ungkapnya.

"Hingga pukul 16:54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada  kejadian gempa bumi susulan (aftershock)," kata Djati lagi.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.()