FPRM Minta Stop Bank Keliling

FPRM Minta Stop Bank Keliling
Ketua FPRM, Nasruddin

Langsa - Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Nasruddin, Senin (10/2/202) meminta untuk menyetop atau memberhentikan praktik rentenir atau "bank keliling" berkedok koperasi simpan pinjam.

Menurut Nasruddin, "bank Keliling" tersebut setiap hari masuk ke Gampong-Gampong dengan leluasa untuk beroperasi mencari mangsanya sehingga meresahkan warga. "Tidak sedikit masyarakat yang terjebak sampai meminjamkan uang pada rentenir tersebut dengan bunga di luar batas kewajaran".

"Rentenir itu meminjamkan uang kepada masyarakat dengan bunga di luar ketentuan pemerintah. Dan usaha simpan pinjam itu tidak dapat disebut koperasi, karena tidak menganut prinsip koperasi,"tambah Nasruddin.

Namun, sambungnya, koperasi itu justru meminjamkan uang kepada masyarakat yang bukan anggota. Dan mereka menyiasati, seolah-olah masyarakat itu anggota koperasi.

Lanjutnya, sungguh aneh, di Aceh yang sudah menerapkan hukum Syariat Islam masih bebas menjalankan praktik riba berkedok usaha simpan pinjam. "Dan kami minta kepada pemilik bisnis rentenir berkedok koperasi yang beroperasi di Kota Langsa untuk menutup segera usahanya. Dinas terkait harus menertibkan koperasi-koperasi tersebut".

Dirinya juga mengajak perangkat Gampong agar tidak memberi ruang kepada pengusaha rentenir. "Pak keuchik (kades) dan sekdes harus mengawasi, jangan sampai warga terjerat dengan rentenir,"tukasnya.

Nasruddin juga menyebutkan, jika usaha mereka tidak memiliki izin dan tidak sesuai dengan prinsip koperasi, maka usir saja mereka dari Kota Langsa Jangan biarkan bisnis riba berkembang di bumi syariat yang melanggar dengan syariat islam.()