Empat Warga Myanmar Dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Medan

Empat Warga Myanmar Dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Medan
4 Warga Myanmar diserahkan kepada Rumah Detensi di Belawan.(Foto: Istimewa)

Langsa - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Rabu (8/1/2020) menyerahkan 4 orang warga Negara Myanmar kepada rumah detensi Imigrasi Medan di Belawan.

Keempat warga Myanmar yang diserahkan tersebut ditangkap oleh Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo Banda Aceh pada Sabtu 15 Juni 2019 karena memasuki wilayah Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia Selat Malaka.

"Keempat warga Myanmar tersebut merupakan anak buah kapal KM. KHF 1786 yang dinakodai oleh Samroeng Thupthianthong, dan mereka dijadikan saksi untuk proses penyelidikan Nahkoda kapalnya,"ujar Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa Fachryan di Langsa.

Ia mengatakan, keempat warga Myanmar tersebut yakni Kyaw Yelwin, Aung Kyaw, Win Aye dan Than Naing.

Untuk itu, kata dia, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 4 warga negara Myanmar tersebut dan menjatuhkan Tindakan Administratif Keimigrasian Berupa Pendetensian di ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa dalam jangka waktu tertentu. "Karena mereka telah melanggar pasal 113 dan Pasal 119 ayat (1) Undang-Undang No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian,"jelas dia.

"Untuk itu, pihak Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan pemindahan warga asing tersebut ke Rumah Detensi Imigrasi Medan di Belawan pada tanggal 8 Januari 2020,"pungkas Fachryan. ()