Elon Musk Berulah Lagi, Harga Bitcoin Langsung Keok

Elon Musk Berulah Lagi, Harga Bitcoin Langsung Keok
Elon Musk/Foto: Reuters

Jakarta, Aceh Bisnis - Elon Musk berulah lagi sehingga membuat harga Bitcoin jatuh pada Jumat (4/6/2021). Nilai koin digital tersebut terguncang setelah CEO Tesla itu memposting twit yang menunjukkan bahwa dia jatuh cinta dengan cryptocurrency top dunia.

Salah satu orang terkaya di dunia itu mencuit meme tentang pasangan putus karena pasangan pria mengutip lirik Linkin Park. Musk juga menambahkan tagar #Bitcoin dan emoji patah hati.

Menurut data dari Coin Metrics, Bitcoin turun 6% ke harga US$ 36.273,29 sekitar pukul 10:25 ET Jumat. Koin digital lainnya mengikuti, dengan cryptocurrency Ether turun lebih dari 6% menjadi US$ 2.615,88, dan Dogecoin yang merupakan kripto favorit Musk jatuh hampir 8% menjadi sekitar 36 sen.

Ini bukan pertama kalinya cuitan Musk tentang kripto telah menggerakkan pasar. Pada bulan Mei, dia mengatakan bahwa Tesla akan berhenti menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran karena kekhawatiran atas penggunaan energinya. Itu menyebabkan ratusan miliar dolar lenyap dari seluruh pasar kripto dalam satu hari.

Beberapa pelaku industri kripto telah mengkritik Musk di masa lalu karena postingannya tentang mata uang digital. Musk telah sering mencuit tentang Dogecoin cryptocurrency "lelucon", misalnya, sehingga sering mengakibatkan pergerakan liar pada harganya.

Mengikuti twit terbarunya tentang Bitcoin, CEO Binance Changpeng Zhao tidak setuju. Binance adalah pertukaran kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan menurut data CoinMarketCap.

"Tweet yang merugikan keuangan orang lain tidak lucu, dan tidak bertanggung jawab," kata Zhao dilansir dari CNBC.com, Jumat (4/6/2021).

Postingan Twitter Musk juga memengaruhi aset di luar kripto. Pada hari Rabu, saham Samsung Publishing, pemegang saham utama di produsen "Baby Shark" melonjak setelah twit dari Musk tentang lagu anak-anak yang viral.

Cuitannya telah menarik kemarahan Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang pada 2018 menuduh Musk dan perusahaan mobil listriknya melakukan penipuan sekuritas setelah sang CEO mencuit bahwa dia akan menjadikan perusahaan itu pribadi dan memiliki "pendanaan dijamin" untuk kesepakatan itu.

Minggu ini, SEC dilaporkan menegur Musk karena diduga melanggar persyaratan perjanjian penyelesaian dengan regulator sekuritas. Pejabat SEC menyoroti twit pada Mei tahun lalu di mana Musk mengatakan bahwa harga saham Tesla terlalu tinggi.

Bitcoin tampaknya memang sedang mengalami tahun yang liar, sempat mencapai rekor tertinggi lebih dari US$ 64.000 pada bulan April, kemudian anjlok menjadi hampir US$ 30.000 pada bulan berikutnya. Sekarang lebih dari 40% dari harga tertinggi sepanjang masa, meskipun masih naik hampir 30% sejauh ini pada tahun 2021.

Sumber:detik.com