Dyah: Donor Darah Masa Pandemi Jadi Momentum Terbaik

Dyah: Donor Darah Masa Pandemi Jadi Momentum Terbaik

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan, donor darah pada masa pandemi Covid-19 menjadi momentum terbaik karena bisa membantu mereka yang membutuhkan, terutama para korban terpapar covid itu sendiri yang memang sangat butuh cairan kehidupan tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu ibadah bagi kita semua, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan,” kata Dyah saat menyaksikan donor darah yang diselenggarakan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) untuk kedua kalinya di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

“Kegiatan donor ini merupakan salah satu gerakan yang telah digalakkan oleh Pemerintah Aceh selama dua tahun ini, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19,”paparnya.

Menurut dia, donor darah sangat perlu dilakukan, mengingat masih banyaknya orang yang membutuhkan darah, sehingga bisa membantu keberlangsungan kehidupan manusia lainnya.

Pemerintah Aceh tambahnya, hingga saat ini telah rutin melakukan donor darah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Apalagi, kata dia, selama pandemi Covid-19 PMI di Aceh kekurangan pasokan darah.

“Semoga dengan donor darah yang dilakukan para PNS dan non-PNS di BPPA bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Kepala BPPA, Almuniza Kamal.

Ia menyebutkan, program donor darah ASN Pemerintah Aceh telah ditetapkan sebagai agenda rutin, yang mana ASN di setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Aceh didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela.

"Setiap SKPA akan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di sejumlah daerah di Aceh dalam memperoleh dan memenuhi kebutuhan darah,"pungkasnya.()