Dosen Fakultas Kedokteran Unimal Lakukan Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Dosen Fakultas Kedokteran Unimal Lakukan Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami
Foto Ist

Lhokseumawe, Acehbisnis.com - Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen fakultas kedokteran unimalmelakukan pelatihan bertajuk Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami (24/11/2020)

Pelatihan dilaksanakan di Dayah Modern Ihyaussunnah Kota Lhokseumawe, Wheny Utariningsih, dosen Fakultas Kedoteran Unimal, menyampaikan bahwa masyarakat wajib untuk memiliki pengetahuan dalam menghadapi bencana sehingga dapat membantu dalam membentuk dan merencanakan tindakan apa saja yang perlu dilakukan saat terjadi bencana.

Mengingat kejadian tsunami tahun 2004 yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan fasilitas pendidikan yang rusak, maka peserta didik harus dibekali pengetahuan untuk menghadapi bencana. Hal tersebut dikarenakan kesuksesan dalam penanganan dan evakuasi/ pengungsian ketika terjadi gempa dan tsunami sangat bergantung pada pengetauan peserta didik itu sendiri.

Dalam pelatihan tersebut yang diikuti oleh 100 santri dan santriwati Dayah Modern Ihyaussunnah, pemateri juga menyampaikan bahwa berdasarkan Kajian Risiko Bencana, Lokseumawe mempunyai risiko sedang hingga tinggi terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.
Pemateri juga menunjukkan kepada santri dan santriwati Dayah Modern Ihyaussunnah tentang tata cara penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi dan tsunami, Jadi diharapkan masyarakat agar selalu siap dalam menghadapi bencana.

Pimpinan Dayah Modern Ihyaussunnah yang diwakili oleh Ustadz Muhammad Sadek, S.Pd. I menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh karena telah memilih Dayah Ihyaussunnah sebagai lokasi pengabdian.

Menurutnya tema pelatihan evakuasi bencana sangat perlu diberikan kepada santri dayah terutama dayah yang berlokasi di pesisir pantai karena santri dayah itu tinggal di pesantren dan mereka dituntut untuk mandiri.

Selain itu pelatihan tersebut juga menjadi konsen Muhammadiyah selaku organisasi yang menaungi dayah tersebut. Pihak Ihyaussunnah sangat mengharapkan akan ada kegiatan-kegiatan serupa di tahun yang akan datang dari Unimal.

Kegiatan pengabdian berupa pelatihan tersebut merupakan bagian dari tugas dosen sebagai pelaksana tridharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam pengabdian kepada masyarakat dosen dituntut untuk mentranfer ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya dengan cara yang mudah dimengerti oleh masyarakat.