Ditemukan Lagi Planet Mirip Bumi yang Disebut Layak Huni

Ditemukan Lagi Planet Mirip Bumi yang Disebut Layak Huni
Lagi! Ditemukan Planet Mirip Bumi yang Disebut Layak Huni. Foto: NASA

Jakarta, Acehbisnis.com - Pencarian planet baru di luar tata surya (exoplanet) terus dilakukan. Salah satunya untuk menemukan planet mirip Bumi yang bisa dihuni.

Penelitian terbaru pencarian planet menggunakan teleskop Kepler yang dilakukan tim kandidat PhD astronomi dari University of British Columbia Michelle Kunimoto, menemukan bukti adanya 17 exoplanet baru. Di dalamnya, termasuk sebuah planet seukuran Bumi yang disebut layak huni karena air dapat ditemukan di sana.

Meski planet ini berada sekitar seribu tahun cahaya dan tidak bisa kita jangkau untuk sekarang, Kunimoto menyebutnya sebagai temuan yang menyenangkan, mengingat hanya ada 15 planet kecil yang berada di Habitable Zone yang ada di data Kepler.

Dikutip detikINET dari Science Alert, Kunimoto menggunakan 'transit method' untuk mencari planet. Ini adalah metode yang paling sering dipakai untuk menemukan planet.

"Setiap kali sebuah planet lewat di depan sebuah bintang, ia memblokir sebagian cahaya bintang itu dan menyebabkan penurunan sementara dalam kecerahan bintang itu," jelasnya.

"Dengan menemukan penurunan ini, yang dikenal sebagai transit, Anda dapat mulai mengumpulkan informasi tentang planet ini, seperti ukurannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengorbit," sambung Kunimoto.

Lebih lanjut, planet mirip Bumi temuannya berukuran sekitar 1,5 kali ukuran Bumi, dan memiliki orbit yang lebih besar dari planet Merkurius. Tapi, planet ini hanya mendapat sekitar sepertiga dari cahaya yang didapat Bumi dari Matahari.

Kunimoto dan supervisor PhD-nya Jaymie Matthews, mengaku sangat bersemangat untuk menemukan lebih banyak planet di zona layak huni.

"Ada berapa planet mirip Bumi di sana? Mari ikuti terus perkembangannya," kata Matthews.

Sumber:detik.com