Ditangkap di Hotel, Perempuan Ini Dicambuk 5 Kali

Ditangkap di Hotel, Perempuan Ini Dicambuk 5 Kali
Dicambuk. (Foto: AcehBisnis)

Banda Aceh - LVY (25), warga asal Langsa yang merupakan salah satu wanita yang kepergok sedang bersama teman non muhrimnya di salah satu hotel ternama di kota Banda Aceh beberapa bulan lalu, menjalani hukuman cambuk di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Selasa (10/12/2019).

Terdakwa LVY menjalani eksekusi cambuk sendirian karena terbukti melakukan pelanggaran khalwat dan melanggar Pasal 23 ayat (1) Jo Pasal 1 butir 23 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat.

"Terdakwa menjalani lima hukuman cambuk dari delapan kali hukuman yang telah dipotong masa tahanan," ujar Kepala Satpol PP, Muhammad Hidayat.

Dia mengatakan, hari ini, Mahkamah Syariah hanya menjalankan eksekusi cambuk kepada satu orang karena terdakwa lainnya saat ini sedang diproses hukum melalui peradilan militer. Ada yang berbeda dari eksekusi cambuk tersebut, algojo yang diperintahkan untuk mencambuk terdakwa adalah algojo perempuan.

"Untuk di kota Banda Aceh, ini baru pertama kali kita laksanakan, karena algojo perempuan harus mendapatkan pelatihan. Nanti kedepannya untuk terdakwa perempuan akan dieksekusi oleh algojo perempuan," ungkapnya.

Hidayat juga menambahkan, di tahun 2019 hingga hari ini, sebanyak 76 orang telah menjalani eksekusi cambuk.

"Ada empat lagi yang sedang menunggu putusan sidang akhir. Dari ke 76 ini mereka melanggar macam-macam mulai dari berjudi, khalwat dan yang paling banyak Ikhtilath," tambahnya.()

WTP Pemkab Pidie