Distanpan Abdya Sediakan 83 Ekor Bibit Sapi Bantuan

Distanpan Abdya Sediakan 83 Ekor Bibit Sapi Bantuan
Suasana penjualan ternak sapi di Pasar Ternak Tradisional Cot Iri, Kabupaten Aceh Besar, untuk tradisi meugang, Selasa (12/6/2018)(KOMPAS.com/Daspriani Y Zamzami)

Blangpidie, Acehbisnis.com - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Distanpan Abdya) tahun ini menyediakan 83 ekor bibit sapi lokal untuk disalurkan kepada para peternak di Kabupaten tersebut.

"Pemberian bibit sapi dimaksud dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,"ucap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya, Laili Suhairi, Rabu (11/3/2020) kepada Wartawan.

Ia juga menuturkan, selain untuk menggerakkan ekonomi peternak agar lebih efektif dan juga untuk pengentasan kemiskinan. Program pemerintah daerah ini juga dapat mendongkrak populasi sapi di Kabupaten Abdya.

Menurutnya, bibit sapi sebanyak 83 ekor itu dibeli dengan menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Abdya 2020.

“Saat ini sedang dalam proses lelang (tender), petugas sudah mulai turun ke lapangan untuk mendata calon petani dan calon lahan (CP/CL) supaya penyalurannya nanti tepat sasaran,”sebut dia.

Ia menyebutkan, kelompok ternak yang dilakukan CP/CL oleh petugas peternakan berdasarkan permohanan masuk atau proposal terutama kelompok-kelompok budi daya lembu yang memiliki kandang dan lahan. Sementara bibit sapi yang disalurkan nanti rata-rata sudah berumur di atas satu tahun.

"Berhubung sekarang sedang proses survey harga oleh panitia, maka penyaluranya kita rencanakan Bulan Juli mendatang,”tambahnya.

Selain menyediakan bibit sapi bantuan untuk kelompok ternak, pada tahun 2020 ini Pemkab Abdya juga mulai membangun prasarana dan sarana peternakan pada lahan seluas 100 hektare di kawasan Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot.()

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH