Diskominfotik Banda Aceh Akan Hadirkan Aplikasi SINERGI, Ini Fungsinya..

Diskominfotik Banda Aceh Akan Hadirkan Aplikasi SINERGI, Ini Fungsinya..

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dalam mengemban amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Satistik Kota Banda Aceh selaku PPID Utama terus berkomitmen dalam mengoptimalkan pelayanan informasi publik.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perancangan Aplikasi Sistem Informasi Berita Gampong dan Instansi (SINERGI). Rapat teknis perancangan Sinergi  ini digelar di Ruang Rapat Lt.2 Diskominfotik Kota Banda Aceh, Jumat (28/5/2021).

Sinergi merupakan gabungan dari tiga aplikasi yaitu aplikasi Informasi Nanggroe (INONG), aplikasi Aggregator Gampong (AGAM) dan aplikasi Statistic Analysis Media and News (SAMAN).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP), Rahadian, ST mengatakan bahwa tujuan dilahirkannya Sinergi ini ialah  untuk memudahkan monitoring dan laporan melalui pemberitaan.

"Harapannya aplikasi ini bisa sempurna, karena ini gabungan tiga aplikasi yang sudah ada dan OPD juga bisa memantau dengan yang lebih baik dari aplikasi tersebut," kata Rahadian.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang E-Goverment, Asna Mardhia, S.STP melalui Analis Sistem Informasi Aisyah mengatakan bahwa hadirnya aplikasi ini memudahkan semua dalam menyampaikan seluruh berita mulai berita OPD, kecamatan hingga statistik berita.

"Sebenarnya aplikasi ini sudah direncanakan dari tahun lalu, karena ada aplikasi Covid dan beberapa lainnya jadi tertunda. Sehingga baru mulai dirancang pada tanggal 23 April sampai sekarang," kata Aisyah.

Untuk seluruh tampilannya bisa dilihat oleh masyarakat, kecuali untuk admin, hanya bisa diakses atau login oleh admin yaitu admin Diskomifotik.

"Ini satu kali lagi revisi, dan satu tahapan lagi rancangannya, insyaAllah minggu depan sudah selesai. Jika perancangan sudah selesai, maka selanjutnya tahap pembangunan dengan tim programmer,"pungkasnya.()