Dinosaurus Terbesar Ditemukan, Panjangnya 30 Meter

Dinosaurus Terbesar Ditemukan, Panjangnya 30 Meter
Dinosaurus Australotitan cooperensis. Foto: Queensland Museum

Jakarta, Aceh Bisnis - Para ilmuwan di Australia menyimpulkan bahwa fosil dinosaurus yang ditemukan pada tahun 2007 merupakan spesies baru dan selain itu, merupakan dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di negara itu. Seberapa besar memangnya?

Dinosaurus ini dinamakan Australotitan cooperensis itu masuk keluarga titanosaurus dan termasuk dalam 15 dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan. Panjangnya bisa mencapai 30 meter dan tingginya ampai 6,5 meter. Sedangkan beratnya bisa mencapai 70 ton.

Fosilnya ditemukan di wilayah Queensland. Ahli paleontologi kemudian bekerja untuk mengidentifikasinya dan menentukan jenisnya. Disimpulkan bahwa dinosaurus ini merupakan pemakan tanaman. Kepalanya kecil, lehernya sangat panjang, demikian pula ekornya, panjang dan tebal.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (8/6/2021) proses identifikasi berlangsung lama karena lokasi penemuan yang terpencil serta ukurannya. Diperlukan pula kerja sama dari pakar terkait. Diperkirakan ia hidup pada sekitar 92 sampai 96 juta tahun yang lalu di area Australia.

Proses identifikasi menggunakan permodelan tiga dimensi yang canggih. "Kami secara digital memindai tulang-tulangnya sehingga ibaratnya saya membawa ribuan kilo tulang dinosaurus di laptop saya yang beratnya tujuh kilo," kata Scott Hocknull, pakar dari Queensland Museum.

"Menggunakan pemindaian 3 dimensi telah merevolusi bidang ilmu kami karena ketika risetnya sudah dirilis, maka para peneliti di seluruh dunia bisa langsung mengakses model tiga dimensi itu dan membandingkannya dengan dinosaurus yang lain," imbuh dia.

Ia menambahkan bahwa ada kemungkinan besar ada dinosaurus besar lain yang akan ditemukan di Australia. Pasalnya di berbagai belahan dunia lain ketika dinosaurus berukuran super bear ditemukan, ada pula pemangsa mereka yang berukuran besar.

"Kita hanya belum menemukannya," pungkasnya.

Sumber:detik.com