Dibanding Avanza, Mobil Bekas Xpander Masih Sedikit

Dibanding Avanza, Mobil Bekas Xpander Masih Sedikit
Mitsubishi Xpander.

Jakarta, Aceh Bisnis - Sejak awal peluncurannya di pameran GIIAS Agustus 2017 lalu, Mitsubishi langsung menjadi rival bagi low MPV 'sejuta umat' Toyota Avanza. Dengan pilihan model yang lebih sedikit, Xpander bahkan sempat menggungguli penjualan wholesales Avanza di beberapa bulan di tahun 2018.

Jika persaingan Avanza dan Xpander begitu menarik di pasar mobil baru, lantas bagaimana dengan persaingan kedua brand Jepang ini di pasar mobil bekas?

Dijelaskan Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, masih terlalu dini membahas persaingan kedua mobil low MPV tersebut di pasar mobil bekas.

"Persaingan Avanza-Xpander di pasar mobil bekas, kalau bicara volume, Xpander masih jauh di bawah lah ya. Soalnya Avanza sudah dari 2004,
sudah 14 tahun ada di market. Jadi pasti ada banyak barangnya di pasaran dibanding Xpander yang baru usia satu tahun," kata Fischer dalam acara 'Ngobrol Santai tentang Mobil Bekas, di Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2018).

Di marketplace atau showroom mobil bekas seperti mobil88 sendiri unit Xpander cukup sulit dicari, bahkan ketika diketik di kolom pencarian pada situs mobil88.astra.co.id, hasilnya nihil. Tapi menurut Fischer, unit Xpander bekas sudah pernah dijual di mobil88.

"Paling hanya 1 atau 2 barangnya. Kenapa? Kan masih baru, baru tahun lalu, jadi masih sedikit yang jual. Mereka juga kebanyakan beli secara kredit, kredit aja belum kelar masa mau jual. Memang saat ini unit bekasnya (Xpander) nggak banyak," pungkasnya.