Dianggap Sampah, Ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Masalah Kulit Wajah

Dianggap Sampah, Ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Masalah Kulit Wajah
ilustrasi kulit pisang/Photo by Julia Kuzenkov on Unsplash

Jakarta - Kebanyakan orang biasanya selalu membuang kulit buah ke tempat sampah. Bahkan mungkin kamu selalu melakukannya di rumah.

Saat membuang kulit buah seperti pisang, kamu pasti tidak akan berpikir panjang, karena menurutmu itu hanyalah sampah biasa. Justru, akan menjadi aneh jika kamu menyimpan sisa bahan tersebut, orang lain pasti berpikir tidak ada yang bisa dilakukan dengan kulit pisang.

Namun ternyata, ada banyak manfaat yang didapat dari kulit pisang yang biasanya kamu anggap sampah.

Pisang adalah salah satu buah tersehat yang bisa kamu makan karena mengandung protein, serat, vitamin A, B6, C, potasium, mangan, magnesium, folat, riboflavin, niasin, dan zat besi.

Berikut beberapa manfaat menakjubkan kulit pisang untuk masalah wajahmu, seperti melansir dari Boldsky, Rabu (5/2/2020).

1. Mengatasi Jerawat

Kulit pisang mengandung antibakteri yang mampu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Kebanyakan penyebab jerawat itu karena kulit wajah yang kurang bersih, dan banyak kuman yang menempel.

Membalut wajah dengan kulit pisang dan menggosokkan secara merata mampu mengurangi jerawat pada wajah. Tak hanya itu, kulit pisang juga bisa dicampur dengan kunyit, dan madu supaya tetap melembabkan dan menyegarkan wajah.

Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu menghaluskan kulit pisang hingga menjadi masker. Lalu campurkan pasta tersebut dengan setengah sendok teh madu. Kamu juga boleh menambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit, lalu tinggal dioleskan ke wajah. Tunggu hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

2. Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah

Kulit pisang terkenal dengan Vitamin C yang mampu tingkatkan produksi kolagen di kulit wajah. Jika kolagen banyak dikonsumsi dalam sel kulit wajah, otomatis akan menambah ke elastisannya serta mengurangi garis-garis kerutan yang halus.

Untuk lebih efektif, kamu bisa mengaplikasikannya dengan mencampurkan telur, karena protein yang terkadung di dalamnya juga membuat kulit wajah lebih kencang dan kenyal.

Yang pertama-tama perlu kamu lakukan, yakni giling kulit pisang hingga menjadi pasta, lalu tambahkan sebutir telur dan aduk sampai rata. Setelah tercampur rata, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit agar meresap ke dalam kulit, jika sudah selesai bilas dengan air dingin.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain untuk jerawat, kulit pisang juga bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan sisa-sisa bekas jerawat yang mengganggu.

Untuk mengaplikasnnya, sebelum tidur kamu hanya perlu menggosokkan kulit pisang pada bekas jerawat atau luka yang ada pada wajah dan biarkan semalaman. Saat pagi hari bersihkan dengan air dingin.

4. Baik untuk Kulit Kusam

Kulit kusam yang disebabkan partikel debu, dan kotoran di udara terbuka sangat mengganggu dan membuat wajah terlihat lesu. Antioksidan yang terkandung dalam kulit pisangmampu mengatasi kekusaman kulit serta memanjakannya.

Yang pertama-tama perlu kamu lakukan, yakni dengan mencampurkan kulit pisang yang sudah menjadi pasta dengan oatmeal, gula dan susu hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah, dan pijat halus selama 5 menit. Kemudian diamkan sekita 20-30 menit sebelum dibilas bersih.

Kamu juga bisa menambahkan oatmeal, gula, susu agar debu dan partikel bebas pada wajah lebih cepat bersih.

5. Mengatasi Kulit Kering

Selain mengandung vitamin C, kulit pisang juga mengandung vitamin A yang membantu memberi kelembaban pada kulit wajah, serta mengembalikan kulit wajah yang kering agar lebih cerah.

Jika ingin lebih maksimal dalam mengatasi kulit kering, kamu bisa menambahkan lemon. Asam sitrat yang ada pada lemon mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni haluskan kulit pisang dan campurkan dengan air lemon. Oleskan secukupnya pada wajah, tunggu selama 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, cuci dengan air hangat.

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

WTP Pemkab Pidie