Desainer dan Model Aceh Diminta Tampikan Identitas Daerah

Desainer dan Model Aceh Diminta Tampikan Identitas Daerah

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati mengingatkan para desainer muda dan model di Aceh untuk tidak melupakan nilai keislaman sebagai identitas dan budaya Bumi Serambi Mekkah dalam produk maupun gaya yang mereka tampilkan.

Hal tersebut disampaikan Dyah Erti saat mengunjungi pelatihan desain dan model fashion yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Aceh dan Indonesian Fashion Chamber (IFC), di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh, Rabu (9/6/2021).

Menurut dia, desainer dari Aceh harus selalu membawa identitas daerahnya dalam setiap produk pakaian yang mereka desain. Sehingga masyarakat yang mengenakan pakaian yang mereka desain dapat menampilkan citra Aceh yang berlandaskan syariat Islam. 

“Tidak masalah desainnya modern dan mengikuti trend kekinian, tapi harus tetap mengandung unsur dan identitas keacehan. Itulah yang akan menjadi pembeda dan menarik perhatian pasar, itu pesan saya,” ujar Dyah.

Ia juga menambahkan, para desainer tersebut juga perlu mendengar masukan dan belajar dari berbagai pihak tentang apa yang dibutuhkan untuk merancang fashion yang trendy sesuai perkembangan zaman, namun tidak meninggalkan entitas keacehan. Dengan demikian produk yang mereka hasilkan juga sesuai dengan trend permintaan pasar yang makin selektif dan kompetitif.

Dalam kesempatan tersebut, Dyah juga mengingatkan kepada para peserta pelatihan desain maupun modeling untuk terus menekuni dan mempertajam bakat mereka di bidang tersebut. Sehingga mereka dapat berkembang dan tampil di tingkat nasional maupun internasional,"pungkasnya.()