Danrem 012/TU Tinjau Lokasi TMMD Ke 110 di Wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan

Danrem 012/TU Tinjau Lokasi TMMD Ke 110 di Wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan

Aceh Selatan, Aceh Bisnis - Selepas melaksanakan kegiatan berolahraga sepeda dengan menempuh jarak yang jauhnya kurang lebih mencapai 50 kilometer, dari Pos Rayon Militer (Posramil) 08/Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya menuju Komando Rayon Militer (Koramil) 07/Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya dalam rangka menjalin silaturahmi ke satuan Koramil yang dilewati pada Kamis, 18 Maret 2021.

Komandan Resor Militer (Danrem) 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Djon Afriandi,S.I.P.,MS.DA bersama para rombongan langsung bergerak menuju Kabupaten Aceh Selatan untuk meninjau proses pelaksanaan sasaran fisik program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 110 di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0107/ Aceh Selatan.

TMMD sendiri merupakan program terpadu yang dilakukan oleh seluruh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari semua matra kesatuan dalam rangka untuk membantu Pemerintah dalam melakukan akselerasi pembangunan bersama masyarakat baik berupa fisik maupun non fisik sebagai pengembangan wilayah teritori dan pemberdayaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Sesampainya di lokasi TMMD di Kabupaten Aceh Selatan Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriandi,S.I.P.,MS.DA disambut langsung oleh Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom selaku Dansatgas TMMD, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Danyonif RK 115/ Macan Lauser Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto, Pasi Ter Kodim, Muspika Kecamatan Kluet Utara dan Perangkat Desa Krueng Kluet serta Kampung Tinggi.

Sejatinya TMMD ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) guna menunjang keberhasilan pembangunan nasional, dalam program ini Kepala Staf TNI Angkatan Darat ditunjuk sebagai penanggung jawab operasional kegiatan.

Seperti halnya program TMMD yang dilakukan di Kabupaten Aceh Selatan ini, kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik yang merehabilitasi sara dan prasarana yang sudah rusak di daerah tertimpa bencana alam. Serta meningkatkan sara dan prasarana di wilayah yang berada di pelosok pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial.

Sedangkan kegiatan non fisik TMMD ini berupa upaya untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan.

Seperti program keluarga Berencana (KB) kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya melalui penyuluhan yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa.

Kunjungan Danrem pada program TMMD reguler ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan ini hanya mendatangi lokasi pengerjaan berupa sasaran fisik saja seperti pembukaan jalan sepanjang 850 meter, pembuatan 3 titik talud, pembuatan 1 unit jembatan dan melakukan renovasi terhadap 4 unit rumah yang dianggap tidak layak huni yang masing-masing berada di Desa Krueng Kluet dan Desa Kapung Tinggi, serta pembuatan 2 unit bak air.

Dalam kesempatan ini Danrem 012/ Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriandi,S.I.P.,MS.DA menjelaskan bahwa tujuan kedatangannya ini untuk meninjau progres pelaksanaan kegiatan TMMD reguler ke 110 di Kabupaten aceh Selatan yang sudah berjalan sejak tanggal 2 Maret 2021 silam.

“TMMD ini merupakan program di bidang teritorial yang bertujuan untuk membantu percepatan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka seharusnya benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak maupun bagi desa,” katanya.

Selain itu, kegiatan TMMD ini juga selain meningkatkan pembangunan fisik desa seperti infrastruktur dan juga diharapkan dapat membangun kemandirian desa dalam sektor pangan maupun dari sektor ekonomi mandiri.

“Semoga kegiatan TMMD ini dapat berjalan lancar, aman sampai dengan penutupan yang telah direncanakan, dengan adanya akses jalan yang baru ini harapannya bisa dipergunakan dan memudahkan masyarakat dalam menjual hasil kebun guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar semakin meningkat,” ujar Danrem 012/ Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriandi,S.I.P.,MS.DA. ()