Dandim 0101/BS Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Dandim 0101/BS Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Jantho, Acehbisnis.com - Personel Kodim 0101/BS bersama BPBD Aceh Besar menyemprot disinfektan di seluruh wilayah Gampong (desa) Teubangphui Baro, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Minggu (29/3/2020).

“Hari ini kita fokus untuk penyemprotan disinfektan seluruh wilayah Gampong Teubangphui Baro dan desa-desa sebelahnya,” ujar Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis.

Dandim yang memimpin langsung penyemprotan itu mengatakan, pihaknya membawa alat penyemprotan dari Paldam Iskandar Muda yang telah dimodifikasi, sehingga lebih hemat dan efektif dalam penyemprotan disinfektan.

“Kita harapkan penyemprotan disinfektan di Montasik ini maksimal, dan hari ini kita siapkan 4.000 liter dengan alat inovatif yang kita pinjam dari Paldam IM. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam penyemprotan itu juga melibatkan damkar BPBD Aceh Besar yang dipimpin Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP, serta didukung personil Koramil/Polsek dan Camat Montasik.

Penyemprotan disinfektan itu diawali di Masjid Jamik Bukit Baro, Cot Goh, Kecamatan Montasik. Masjid ini sebelumnya juga sudah pernah disemprot disinfektan, karena masjid ini mobilitas jamaahnya termasuk tinggi di Montasik ini.

Sebelumnya para petugas gabungan yang terlibat dalam penyemprotan mengikuti brifing di kantor Koramil 12/Montasik. Hadir dalam kesempatan itu Kabag Humas Setdakab Aceh Besar, Muhajir.

Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, yang memimpin langsung penyemprotan disinfektan di Gampong Teubangphui Baro, dan ikut menyusuri jalan-jalan gampong bersama petugas yang melakukan penyemprotan.

Sebelumnya, terkait adanya pasien positif Covid-19 di Gampong Teubangphui Baro, Hasandi berpesan kepada Camat Montasik agar masyarakat disekitarnya untuk mengisolasi diri atau tetap dirumah untuk sementara waktu.

“Perlu disampaikan kepada Keuchik agar kekuarga dari warga yang sudah positif jangan kemana-mana dulu. Di kampung kan untuk makanan tidak jadi masalah beras ada. Tolong 14 hari jangan kemana-mana,” pesan Dandim.

Pada bagian lain, Komandan Kodim 0101/BS ini menyampaikan kedepan mungkin akan ada pembatasan-pembatasan untuk menghambat wabah virus corona atau Covid-19 didaerah dengan melihat perkembangan sekarang ini.

“Kita bisa prediksilah dengan situasi hari ini, mungkin akan ada pembatasan-pembatasan. Yang jelas sekolah sudah libur, mungkin pasar kita batasi setengah hari setelah rapat Forkopimda Aceh Besar dan mungkin nanti bisa juga berlaku jam malam,” tuturnya.

Atau, tambahnya, apabila ada kebijakan secara nasional untuk Lockdown atau mungkin Lockdown secara daerah, ini semua pihak harus siap.

“Kita sudah mengambil langkah-langkah untuk itu dan yang penting masyarakat harus menyadari hal ini,” ujar Dandim.