Daihatsu Taft Sampai Rocky Lahir Kembali

Daihatsu Taft Sampai Rocky Lahir Kembali
Foto: Dok. Daihatsu

Tokyo - Daihatsu melahirkan kembali nama-nama mobil yang cukup legendaris. Daihatsu Taft hingga Daihatsu Rocky telah lahir kembali di Tokyo, Jepang.

Di pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2020, Daihatsu memamerkan berbagai mobil berdimensi mini dan kompak. Daihatsu menampilkan beragam mobil kompak khususnya kei car. Dua di antaranya adalah Daihatsu Taft dan Daihatsu Rocky yang mendapatkan sentuhan modifikasi.

´┐╝Foto: Dok. Daihatsu

Daihatsu menampilkan total 9 unit mobil yang terdiri dari 1 unit mobil konsep TAFT mini crossover yang merupakan world premiere concept car, 1 unit Rocky Sport Style sebagai compact SUV yang telah diluncurkan pada 2019 lalu, 1 unit COPEN GR Sport, 3 unit konsep Tanto, dengan versi Custom Premium, Cross Field, dan yang paling unik bekerja sama dengan Marvel, menampilkan versi karakter Spiderman.

´┐╝Foto: Dok. Daihatsu

´┐╝Foto: Dok. Daihatsu

HIJET Truck, yang merupakan produk komersial tidak luput dari sentuhan modifikasi, versi DJ ditargetkan untuk kalangan milenial menikmati musik di outdoor, dan juga ada 2 versi lain, yaitu Peaks dan Hatsune Miku Marche.

´┐╝Foto: Dok. Daihatsu

Bicara soal Taft yang lahir kembali, mobil ini membawa wajah sama yang lebih segar. Daihatsu Taft terbaru ini merupakan singkatan dari "Tough & Almighty Fun Tool". Mobil ini didesain sebagai mobil mini crossover dengan style baru untuk pengguna yang aktif dalam berkendara sehari-hari dan untuk rekreasi.

Dengan platform serta dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm memberikan handling yang stabil dalam bermanuver di jalan perkotaan atau jalan sempit.

´┐╝Interior Daihatsu Taft. Foto: Paultan

Mobil konsep TAFT mengadopsi atap kaca (glass roof) yang akan memberikan kesan kabin dan visibilitas penumpang yang lebih luas, serta ruang bagasi yang datar dan lebih luas, sehingga mobil ini dapat memberikan pengalaman dan suasana baru yang lebih menyenangkan.

Taft diprediksi menggunakan mesin berkapasitas 658 cc dengan dibekali turbocharged, sebagai standar regulasi dari sebuah kei car.

Daihatsu Taft, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1974 menjadi mobil All Wheel Drive, dikenal garang dan menjadi andalan untuk segala medan, sesuai dengan singkatannya Taft (Tall and Almighty Four-wheel Touring Vehicle).

Sementara itu, Daihatsu pada ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu juga meluncurkan mobil dengan nama Rocky. Daihatsu kembali menghidupkan nama Rocky lagi ke dalam mobil produksi massal.

Foto: Dok. Daihatsu

Daihatsu Rocky ini menggendong mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intetcooler. Tenaganya mencapai 98 PS pasa 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT