Daerah Terisolir Perlu Sentuhan Pembangunan, Aslat Kasad: Kegiatan TMMD di Pulau Hanaut Sudah Sangat Tepat

Daerah Terisolir Perlu Sentuhan Pembangunan, Aslat Kasad: Kegiatan TMMD di Pulau Hanaut Sudah Sangat Tepat

Sampit - Asisten Latihan (Aslat) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayor Jendral TNI Harianto menyatakan, kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut tersebut sudah sangat tepat.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan peninjauan ke lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Selasa (29/9/2020).

Ia menyatakan, bahwa dirinya datang ke Desa Bapinang Hilir dan Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut ini, dalam rangka melihat kegiatan TMMD Reguler ke-109.

"Ini cukup luar biasa, jika biasanya kita melaksanakan kegiatan TMMD di daerah yang agak mudah terjangkau, dan kali ini di daerah yang agak sulit terjangkau,"ungkap Mayjen Harianto kepada wartawan.

Menurut dia, tempat terisolir tersebut harus cepat disentuh oleh pembangunan. "Ini ada beberapa jembatan yang kita rehab, tadi sudah saya sampaikan kepada Bupati Kotawaringin Timur, kalau bisa jangan menunggu kegiatan TMMD berikutnya."

"Kalau bisa lakukan dengan karya bakti skala besar, karena apa masyarakat di tempat-tempat terpencil ini juga ingin merasakan hasil pembangunan, dan kerjasama antara TNI dan pemerintah daerah adalah solusi untuk memecahkan persoalan itu,"paparnya.

Dalam kegiatan TMMD ini, kata dia, masyarakat bersama-sama TNI juga terlibat langsung. "Dua jembatan di depan juga kita harapkan dilaksanakan secara bersama-sama, ini juga akan mempererat kerjasama termasuk memupuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadi yang bekerja di sini bukan hanya tentara saja, tetapi juga masyarakat,"tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut, Mayjen TNI Harianto juga didampingi oleh Bupati Kotawaringin Timur, H. Supian Hadi, Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Czi Akhmad serta pejabat di instansi terkait lainnya.(*)