Crash Horor di FP3 MotoGP Spanyol, Marc Marquez Diselamatkan Air Fence

Crash Horor di FP3 MotoGP Spanyol, Marc Marquez Diselamatkan Air Fence
Motor Marc Marquez usai crash di sesi latihan bebas MotoGP Spanyol Foto: Twitter @motoGP

Jakarta, Aceh Bisnis - Marc Marquez mengalami kecelakaan horor dalam sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol, Sabtu (1/5/2021). Juara dunia delapan kali itu merasa diselamatkan oleh air fence, -- pagar pembatas yang berisi angin seperti balon udara yang terletak di pinggir sirkuit.

Pebalap Repsol Honda itu mengalami crash di tikungan 7 putaran terakhir di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Sabtu (1/5/2021). The Baby Aliens kehilangan daya cengkram ban saat melaju dalam kecepatan 180 km/jam.

Marquez beserta motornya tergelincir ke gravel trap, dia lalu terlempar dari motor RC-213VS, kemudian menabrak pagar pembatas.

Insiden itu membuat khawatir meliputi kru Repsol Honda. Marquez juga terlihat syok tapi untungnya dia bisa berdiri lalu menumpang skuter untuk kembali ke garasi Repsol Honda. Sementara motor yang ditunggangi Marquez rusak parah.

Betapa tidak, ini merupakan insiden yang mengkhawatirkan bagi juara dunia delapan kali itu usai pulih dari cedera patah tulang lengan membuatnya absen hampir setahun.

"Kami tahu cepat atau lambat kecelakaan pertama akan tiba," kata Marquez seperti dikutip Crash, Minggu (2/5/2021).

Pebalap berusia 27 tahun itu merasa diselamatkan oleh air fence, berupa pagar pembatas yang berisi angin seperti balon udara, posisinya terletak di pinggiran sirkuit.

Penghalang ini tidak ditempatkan di semua titik, paling sering terlihat di daerah run-off yang ketat, di mana peluang kecelakaan dengan jarak lebih pendek dan langsung. Air fence memiliki fungsi redam kejut bagi pebalap yang terlempar ke arahnya.

"Hari ini saya (tampil lebih) menyerang. Sayangnya, ketika saya menyerang, saya jatuh."

"Itu adalah kecelakaan besar, terutama benturan ke air fence terjadi dengan kecepatan tinggi, tapi berkat air fence saya masih ada di sini," tambah Marquez.

Dewi fortuna nampaknya masih berpihak pada Marquez, kecelakaan itu tidak berdampak pada cedera yang sempat mendera lengan kanannya. Dia sudah datang ke pusat medis dan dinyatakan fit, namun ia merasa tidak enak badan setelah sampai di motorhome-nya.

"Saya pergi ke pusat medis, di mana mereka memeriksa semuanya dan saya merasa baik-baik saja pada saat itu," jelas Marquez.

"Kemudian saya pergi ke motorhome saya tetapi ketika saya tiba di truk, dan saya duduk dan berada di sana selama sepuluh menit, saya mulai tidak tahu persis di mana saya berada," tambah dia.

"Langsung saya panggil dokter, biar lebih aman dan katanya oke kita harus cek di RS [setempat]. Sesampainya di RS, saya sudah baikan lagi. Tapi mereka cek semuanya, buat CT dan hal-hal itu. . Juga ketika saya tiba di sini di sirkuit, mereka memeriksa ulang semuanya. "

Sementara lengan kanannya tidak menjadi masalah, Marquez mengatakan bahwa dia menjalani rontgen hanya untuk memastikan kondisinya.

"Pemeriksaan [di rumah sakit] lebih ke kepala, leher, dan punggung. Yang saya derita akibat benturan," jelasnya.

"Hari ini lengan saya tidak cedera, saya tidak merasakan sakit apa pun. Tapi Dr Charte [MotoGP] memiliki semua informasi tentang lengan saya dan ketika saya pergi ke rumah sakit dia meminta x-ray lagi di lengan saya hanya untuk memastikan," tambah Marquez.

Akibat insiden tersebut. The Baby Aliens harus puas memulai balapan dari urutan 14. Sedangkan rekan setimnya, Pol Espargaro yang juga terjatuh pada tikungan 7, akan start dari posisi 13.

Sumber:detik.com