Chek Zainal Harap Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Bisa Jalankan Usaha Mandiri

Chek Zainal Harap Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Bisa Jalankan Usaha Mandiri

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin membuka secara resmi Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi 2021 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Jumat (05/03/2021) di Gedung ITLC Kota Banda Aceh.

Turut dihadiri, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mairul Hazami, Perwakilan UPTD BLK Banda Aceh Susanto, Kepala Bappeda Kota Banda Aceh Weri, Wakil Ketua Dekranasda Kota Fauziah, dan perwakilan SKPK di lingkungan pemerintah kota, serta instruktur pelatihan dan seluruh peserta lainnya.

Pelatihan ini diikuti 64 peserta, 32 laki-laki dan 32 perempuan dengan program pelatihan yaitu Menjahit pakaian menggunakan mesin, pembuatan kue dan roti, pengambaran AutoCAD 2 dimensi, pengelasan SMAW posisi 2G, serta dilatih langsung oleh instruktur ahli dibidangnya.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengatakan selama ini telah banyak pelatihan-pelatihan yang terus diupayakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh melalui instansi terkait seperti: pelatihan perbengkelan, pertukangan, teknisi computet, teknisi AC, pelatihan Barista dan lain-lain.

“Dan syukur Alhamdulillah, hari ini para peserta akan mendapatkan pelatihan di jurusan menjahit pakaian dengan mesin, pembuatan roti dan kue, pengelasan SMAW posisi 2G, dan penggambaran AutoCAD 2,”sebutnya.

Sosok yang akrab disapa Chek Zainal mengaku bangga, apabila nanti peserta pelatihan mampu menjadi pekerja mandiri dan membuka lapangan kerja yang baru. “Pergunakanlah waktu yang singkat ini untuk belajar secara sungguh-sungguh. Mudah-mudahan niat dan usaha kita hari ini mendapat berkah dan petunjuk dari Allah SWT,” ucap Chek Zainal.

Disamping itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada BLK kota Banda Aceh yang telah membina BLK Lamjabat dan mengalokasikan sejumlah paket pelatihan sehingga telah membantu pemerintah kota dalam memberikan pelayanan pelatihan kepada masyarakat.

“Kami berharap pengalokasian dana serupa di tahun yang akan datang tetap dianggarkan untuk BLK Kota Banda Aceh. Kami juga memberikan apresiasi kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh dan semua pihak yang turut terlibat,” jelasnya

Menurut Chek Zainal, kegiatan pelatihan semacam ini sangat penting untuk diadakan, apalagi ditengah pandemi seperti ini supaya warga kota bisa bekerja atau berusaha untuk menekan tingkat pengangguran.

“Kepada para peserta pelatihan, jangan lantas merasa aman meski telah memiliki keahlian. Sebaiknya terus meningkatkan keterampilan juga keahlian diri agar selalu relevan dengan perkembangan yang ada di zaman apa pun,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mairul Hazami mengatakan peserta Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi 2021 gelombang 1 tahun 2021 ini, telah mengikuti tahap seleksi yang ketat.

“Tujuannya meningkatkan kopetensi dan ketrampilan serta bisa menjadi calon tenaga kerja yang kompeten, dengan sasaran para pengangguran di Banda Aceh serta bisa menjadi mandiri,” katanya.()