Cegah Covid-19, Pemkab Abdya Tetap Tiadakan Meugang di Lapangan

Cegah Covid-19, Pemkab Abdya Tetap Tiadakan Meugang di Lapangan
Foto Mawardi

Blangpidie, Acehbisnis.com - Untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat tetap meniadakan pelaksanaan Hari Meugang di Lapangan Seunelop Manggeng dan Krueng Beukah Blangpidie.

Sebagai pengantinya, Pemkab menghimbau masyarakat untuk melaksanakan pemotongan ternak Meugang di lingkungan masing-masing yang sehat dan aman seperti memasuki meugang puasa. 

Penetapan keputusan itu sesuai dengan surat Bupati Abdya Nomor: 450/535/2020 Tanggal 18 Mei 2020 sebagaimana diterima AcehBisnis.

"Ya Pemkab telah menetapkan pelaksanaan Hari Meugang Tanggal 23 Mei, Hari Sabtu,"kata Mawardi,SH Kabag Humas Setdakab Abdya kepada AcehBisnis Selasa (19/5/2020).

Menurut Mawardi, dalam surat dimaksud dijelaskan bahwa aktivitas pemotongan dan penjualan daging Meugang di bantaran Krueng Beukah Kecamatan Blangpidie dan di lapangan bola kaki Seunalop, Kecamatan Manggeng ditiadakan atau ditutup.

"Pemkab Abdya juga menganjurkan agar titik lokasi pemotongan dan penjualan daging meugang di tempat yang aman, bersih, dan tidak mengganggu arus lalu lintas, serta menghindari kerumunan. Itu semua dilakukan untuk mencegah Virus Corona di Abdya,"sebut Mawardi.

Selanjutnya kata Mawardi, ternak yang akan dipotong harus sehat dan bebas dari penyakit menular yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dinas terkait. Selain itu para Pemkab Abdya juga tidak membenarkan memasukkan daging segar atau daging beku dari wilayah lain.()