Cara Menghilangkan Noda Kunyit Membandel pada Pakaian

Cara Menghilangkan Noda Kunyit Membandel pada Pakaian

Jakarta, Aceh Bisnis - Kunyit jadi salah satu rempah yang kerap digunakan dalam masakan Indonesia, termasuk pada santapan yang disajikan saat Lebaran. Selain menyedapkan rasa dan memberikan warna kuning yang pekat, kunyit menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Namun, tak jarang pakaian yang terkena cipratan makanan berbahan kunyit tersebut meninggalkan noda kuning yang membandel. Noda yang sukar hilang itu disebabkan oleh kandungan curcumin yang dimiliki kunyit yang tidak bisa larut dalam air.

Bila Anda mengalaminya, segera tangani karena membiarkannya terlalu lama dapat membuat nodanya semakin lengket. Berikut cara yang dapat Anda lakukan seperti dikutip dari laman Taste of Home, Kamis, 29 April 2021.

1. Segera bersihkan

Ambil sendok dan angkat sisa-sisa kunyit yang menempel pada pakaian. Anda harus berhati-hati agar nodanya tidak makin melebar.

2. Baca label pakaian

Selanjutnya, Anda harus membaca label pada pakaian. Selalu pastikan untuk mengikuti instruksi pada label. Jika pakaian hanya bertuliskan dry clean, jangan mencoba mencucinya dengan mesin cuci.

Bawalah pakaian ke laundry yang memang mengerti cara menanganinya. Beberapa jenis kain, misalnya sutra juga membutuhkan perawatan khusus.

3. Gunakan air dingin

Dari bagian dalam pakaian, basuh noda dengan air dingin mengalir sambil dikucek untuk meluruhkan warna kuningnya. Jangan gunakan air hangat atau panas. Air yang panas akan menyebabkan noda kian menempel.

4. Pakai deterjen

Siapkan ember dan isi menggunakan air dingin. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan detergen. Celupkan pakaian ke dalam campuran detergen tersebut. Biarkan selama 20 hingga 30 menit.

5. Bahan pendukung

Jika noda masih terlihat, oleskan dengan cairan penghilang noda yang banyak dijual di pasaran. Kemudian, masukkan pakaian ke mesin cuci dan cuci seperti biasa dengan air dingin serta deterjen.

Anda juga dapat menambahkan sedikit pemutih yang aman untuk pakaian berwarna. Bila pakaian Anda berwarna putih, menggunakan pemutih berbahan klorin sangat disarankan.

6. Jemur

Setelah cucian selesai, angkat dan jemur di bawah sinar matahari dengan posisi pakaian dibalik. Teknik ini dapat juga Anda terapkan untuk menghilangkan noda kunyit pada handuk, seprai, atau jenis kain lainnya. (Jihan Karina) 

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh