Bus Kurnia Terbakar di Seulawah, Semua Penumpang Selamat

Bus Kurnia Terbakar di Seulawah, Semua Penumpang Selamat
Foto: Istimewa

Aceh Besar, Acehbisnis.com - Sebuah bus Kurnia mengalami kebakaran di jalan Banda Aceh-Medan tepatnya di Cot Meusen Gileng, Simpang Beutong, Kabupaten Pidie, Minggu (8/3/2020).

Penyebab kebakaran bus Kurnia BL 7392 PB tersebut diduga mengalami korsleting pada sistem kelistrikan bagian mesin. Dalam peristiwa itu, semua penumpang selamat.

Menurut juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Besar, Iqbal, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 WIB.

Saat itu, kata dia, bus yang dikemudikan Munadir (42) warga Lhokseumawe, sedang dalam perjalanan dari Medan menuju Banda Aceh.

"Kejadiannya di perbatasan antara Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Saat kejadian sopir bus diberitahu oleh pengguna jalan lain bahwa ada kebakaran di ruang mesin di belakang. Sopir langsung menghentikan laju bus," kata Iqbal.

Peristiwa itu lalu diinformasikan kepada petugas pemadam kebakaran. "Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima informasi awal yang disampaikan oleh masyarakat yang sedang melintas di jalan tersebut. Dan langsung menghubungi Pos Saree," katanya.

BPBD Aceh Besar Pos Saree setelah mendapatkan laporan tersebut langsung bergerak kelokasi kejadian dengan mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran dan juga didukung satu unit Damkar Kabupaten Pidie.

"Penanganan baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 07.40 WIB. Untuk penyebab terjadinya kebakaran tersebut konslet wayer pada bagian mesin, namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib setempat,"ujar dia.

Dalam penanganan kejadian kebakaran tersebut, petugas pemadam BPBD Aceh Besar dan Pemadam BPBD Pidie juga ikut dibantu oleh TNI, POLRI dan warga yang melintas di lokasi tersebut.()

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH