Bupati Aceh Tamiang Lantik 71 Datok Pengulu Terpilih 

Bupati Aceh Tamiang Lantik 71 Datok Pengulu Terpilih 
Bupati Aceh Tamiang Lantik 71 Datok Pengulu Terpilih 

Aceh Tamiang, Aceh Bisnis - Bupati Aceh Tamiang H.Mursil,  melantik sekaligus mengambil sumpah sebanyak 71 orang dari 73 Datok Penghulu  terpilih hasil Pildatok serentak tahun 2021 di lapangan tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang, Senin (24/5/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil,  mengatakan ada lima larangan yang tidak boleh dilakukan oleh Datok Penghulu yang baru dilantik yakni Datok Penghulu dilarang berbuat 'nakal', dilarang menggelar kibot, dilarang melanggar sumpah jabatan, dilarang nikah siri dan dilarang berbuat korupsi.

"Seharusnya ada 73 datok penghulu yang dilantik hari ini, tapi dua datok lainnya yakni Datok Sukajadi Kecamatan Karang Baru dan Datok Kebun Rantau Kecamatan Rantau gagal dilantik karena sedang sakit dan positif Covid-19,"ungkap Bupati Mursil. 

Dia berharap kepada Datok Penghulu yang baru dilantik agar dapat bersinergi dengan semua elemen dalam rangka menjalankan berbagai program pembangunan di kampung masing-masing.

Begitu juga kepada para Datok Penghulu yang dilantik agar tetap memegang teguh kepercayaan masyarakat dan hindari tindakan yang merugikan masyarakat kampung dan yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menyelenggarakan urusan pembangunan, Datok Penghulu di tuntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki serta harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah kampung dengan program pemerintah yang diterima oleh kampung.

"Sinergitas ini, diperlukan untuk menghindari adanya tumpah tindih dalam pelaksanaan pembangunan. Selain sinergitas diperlukan untuk menciptakan keadilan antar wilayah di tingkat kampung,"Pungkas Bupati Mursil.