Bupati Aceh Barat Himbau Pemerintah Gampong Bentuk Relawan Covid-19

Bupati Aceh Barat Himbau Pemerintah Gampong Bentuk Relawan Covid-19
Bupati Aceh Barat Ramli Ms. Foto: Antara

Meulaboh, Acehbisnis.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengeluarkan Surat Edaran Nomor 535 Tahun 2020 tentang penggunaan dana desa tahun anggaran 2020, untuk pencegahan dan penanganan penyebaran wabah virus corona, di daerah setempat.

Salah satu poin dalam edaran tersebut, setiap desa agar membentuk relawan covid-19.

Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan tujuan diterbitkannya surat edaran per tanggal 31 Maret 2020 untuk memberikan pedoman bagi pemerintah gampong (desa) dalam pelaksanaan desa tanggap covid-19 dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dengan menggunakan dana desa.

Ramli MS menjelaskan, dengan dikeluarkannya surat ini, maka pemerintah gampong sudah dapat membentuk relawan gampong serta pembentukan posko relawan untuk lawan covid-19 serta pendanaanya lewat dana desa. Kemudian dana desa ini digunakan dengan pola PKTD melalui pengelolaan secara swakelola serta pendayagunaan sumberdaya alam, inovasi dan sumber daya manusia di gampong itu sendiri.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk mematuhi instruksi yang telah dikeluarkan, baik berupa larangan mengadakan keramaian yang mengumpulkan massa dan juga terhadap jam malam yang sudah diberlakukan.

“Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk memutuskan laju mata rantai perkembangan penyebaran virus, yang telah meresahkan ini, serta menjamin kesehatan dan keselamatan warga,” tandasnya.