Bulog Akan Salurkan 275 Ton Gula di Seluruh Daerah di Aceh

Bulog Akan Salurkan 275 Ton Gula di Seluruh Daerah di Aceh
Foto: Antara

Banda Aceh, Acehbisnis.com – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh untuk menambah pasokan gula pasir ke provinsi Aceh, khususnya di Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Aminullah pada acara high level meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Aceh Semester I yang digelar via video conference, Kamis (14/05/2020).

Menurut dia, penambahan stok gula di Aceh perlu dilakukan karena kebutuhan yang tinggi selama bulan puasa dan menjelang hari raya. “Yang terpenting dengan stok yang cukup kita bisa mengendalikan harga pasar,"jelas dia.

Beberapa waktu lalu, jelas dia, harga gula di Banda Aceh sempat mencapai harga Rp 21 ribu per kilogram. “Namun berkat pasar murah secara online yang kita gelar beberapa kali, harganya kini mampu kita turunkan menjadi Rp 18 ribu per kilogram,”papar Wali Kota.

Harga sekarang itu pun menurut wali kota bisa diturunkan sekira Rp 5 ribu lagi. “Untuk itu kami berharap dukungan pemerintah provinsi dan bulog untuk memastikan pasokan gula mencukupi di Banda Aceh dan juga seluruh Aceh,”sebutnya.

Terkait dengan laju inflasi, Aminullah mengatakan pada semester pertama 2020 Banda Aceh mengalami inflasi sebesar 1,31 persen. “Angka ini naik, bahkan indikasinya bisa melampaui inflasi 2019 lalu yang tercatat 1,38 persen".

Sementara itu, harga sejumlah bahan pokok dan komoditi terpantau stabil di Banda Aceh. “Beras, telur, gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi relatif stabil harganya. Ada yang naik sedikit itu bawang merah dan daging ayam. kalau bawang putih turun harga,” ujar wali kota.

Ia pun menyatakan mendukung penuh operasi pasar yang gelar oleh Pemerintah Aceh di Banda Aceh dan kabupaten/kota lain secara serentak dalam beberapa hari ke depan. “Ini penting dilakukan agar harga pasar senantiasa terkendali selama Ramadan dan menjelang lebaran nanti,”pungkasnya.

Menanggapi permitaan tersebut, Kepala Bulog Divre Aceh, Irsan Nasution mengatakan, pihaknya akan menyalurkan 275 ton gula pasir ke seluruh kabupaten/kota di Aceh.

“Jelang lebaran nanti juga akan ada stok gula masuk lagi,” kata Irsan dalam kesempatan tersebut.

Selain gula produksi lokal, kata dia, pemerintah juga mengimpor gula untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. "Masuk ke Jakarta dulu, baru disebarkan ke seluruh Indonesia. Kita utamakan jual langsung ke pembeli dengan harga Rp 12 ribu per kilogram,"sebut dia.

High level meeting TPID se-Aceh sendiri dibuka oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Acara itu turut diikuti oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh Zainal Arifin Lubis, Kepala BPS Aceh Wahyudin, dan para bupati/wali kota se-Aceh.