Bukan Mistis! Ini 16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Memasaknya

Bukan Mistis! Ini 16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Memasaknya
Foto: Rifkianto Nugroho/16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Memasaknya

Jakarta, Aceh Bisnis - Daun kelor adalah tumbuhan yang sering disebut pohon ajaib. Daun ini kerap ditemukan di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Sebagian masyarakat lebih mengenal daun kelor sebagai tanaman untuk peluntur jimat atau susuk. Namun di balik semua itu, manfaat daun kelor sebagai obat dan kesehatan.

Kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B-6 folat dan asam askorbat (vitamin C), kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor seng. Selain itu daun kelor sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya.

Daun itu juga memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan anti-inflamasi. Daun Kelor juga bermanfaat mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Bahkan kini, daun kelor banyak dikonsumsi. Cara memasaknya seperti memasak sayur bening seperti bayam.

Petik daun kelor lalu bersihkan. Kemudian pipil jagung dan haluskan atau iris bumbu-bumbu seperti 5 bawang merah, 2 kunci.

Didihkan air dan masukkan bumbu-bumbu dan jagung sekitar 5 menit. Lalu masukkan daun kelor sekitar 3 menit. Beri bumbu penyedap seperti garam dan gula pasir secukupnya. Sayur daun kelor sudah matang dan siap disajikan.

Berikut manfaat daun kelor dilansir medicalnewstoday:

1. Melindungi dan Menutrisi Kulit dan Rambut
Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas serta menjaganya tetap bersih dan sehat.

Kelor juga mengandung protein, yang bermanfaat dalam melindungi sel kulit dari kerusakan. Selain itu juga mengandung elemen pelembab dan detoksifikasi, yang juga meningkatkan kulit dan rambut.

Daun ini bisa berhasil menyembuhkan infeksi dan luka kulit rambut.

2. Mengobati Edema
Edema adalah kondisi yang menyakitkan di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu di tubuh. Sifat anti-inflamasi dari kelor mungkin efektif dalam mencegah berkembangnya edema.

3. Melindungi Hati
Kelor tampaknya melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti tuberkuler dan dapat mempercepat proses perbaikannya.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker
Ekstrak kelor mengandung khasiat yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker. Selain itu juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

5. Mengobati Gangguan Lambung
Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung, seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa.

Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu pencernaan.

6. Memerangi Penyakit Bakteri
Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, ekstrak kelor dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Rhizopus, dan E. coli.

7. Membuat Tulang Lebih Sehat
Kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Bersamaan dengan sifat anti-inflamasi, ekstrak kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

8. Mengobati Gangguan Mood
Kelor dianggap membantu dalam mengobati depresi, kecemasan, dan kelelahan.

9. Melindungi Sistem Kardiovaskular
Antioksidan kuat yang ditemukan dalam ekstrak kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung dan telah terbukti menjaga kesehatan jantung.

10. Membantu Menyembuhkan Luka
Ekstrak daun kelor telah terbukti membantu menutup luka serta mengurangi munculnya bekas luka.

11. Mengobati Diabetes
Kelor membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula, dan protein dalam urin.

Ini meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan pada mereka yang diuji.

12. Mengobati Asma
Kelor dapat membantu mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi dari penyempitan bronkial.

Ini juga telah terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernapasan yang lebih baik secara keseluruhan.

13. Melindungi dari Gangguan Ginjal
Orang mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu di ginjal, kandung kemih atau rahim jika mereka menelan ekstrak kelor. Kelor mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat membantu tingkat toksisitas di ginjal.

14. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan penebalan arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

15. Meningkatkan Kesehatan Mata
Kelor mengandung khasiat untuk meningkatkan penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi. Kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh retinal, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

16. Mengobati Anemia dan Penyakit Sel Sabit
Manfaat daun kelor lainnya yakni dapat membantu tubuh seseorang menyerap lebih banyak zat besi, sehingga meningkatkan jumlah sel darah merahnya.

Diperkirakan ekstrak tumbuhan sangat membantu dalam mengobati dan mencegah anemia dan penyakit sel sabit.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh