Bukan Ayam Biasa, 5 Ayam Ini Harganya Capai Puluhan Juta

Bukan Ayam Biasa, 5 Ayam Ini Harganya Capai Puluhan Juta
Foto: Beautiful Life

Jakarta, Aceh Bisnis - Ayam merupakan salah satu makanan paling populer di dunia. Ternyata ada beberapa jenis ayam yang harganya mencapai puluhan juta.

Mudah ditemukan dan rasanya enak, daging ayam bisa diolah menjadi makanan apa saja. Selain menjadi sumber protein biasanya daging ayam juga jadi menu populer di restoran tradisional hingga cepat saji.

Tapi diantara banyaknya jenis ayam yang ada di dunia, ada beberapa yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Jenis ayam mahal ini biasanya punya ciri khas dan keunggulannya sendiri. Seperti Ayam Cemani dari Indonesia sampai ayam Dong Tao dari Vietnam.

Dilansir dari Beautiful Life (24/07), berikut lima jenis ayam mahal yang harganya capai puluhan juta rupiah.

1. Olandsk Dwarf

Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life


Nama ayam yang satu ini mengingatkan banyak orang dari karakter di novel fantasi. Olandsk Dwarf berasal dari Swedia dan masuk ke dalam salah satu ayam paling mahal di dunia.

Ayam ini punya ciri khas bulu-bulunya yang indah dan ukuran tubuhnya yang kecil. Setiap tahunnya ayam ini bisa memproduksi sampai 250 butir ayam. Dulunya ayam ini punya kisaran harga yang standard dan sama seperti ayam lainnya.

Namun di tahun 1989, populasi Olandsk Dwarf menurun drastis hingga tersisa 54 ekor saja. Karenanya sekarang kisaran harga satu ekor Olandsk Dwarf yang masih kecil berkisar di angka USD 100 (Rp 1,5 juta).

2. Ayam Ketawa

Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life


Di Indonesia terkenal ragam jenis ayam yang biasanya diternak untuk disertakan dalam acara kejuaraan bergengsi. Salah satunya ada Ayam Ketawa, sesuai namanya ayam ini punya suara yang mirip seperti tawa manusia.

Biasanya Ayam Ketawa berlomba dalam kejuaraan lokal sampai internasional untuk menentukan suara ayam mana yang tawanya paling merdu. Ayam ini banyak ditemui di wilayah Sulawesi dan untuk harganya tidak main-main.

Satu ekor Ayam Ketawa yang baru saja menetas harganya berkisar dari Rp 1,5 - Rp 2 juta. Sementara untuk Ayam Ketawa yang sudah memenangkan kejuaraan harganya bisa ditaksir Rp 40 juta. Semakin banyak kejuaraan yang dimenangkan, maka semakin mahal harga Ayam Ketawa.

3. Bresse

Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life


Bresse dikenal dengan nama 'Ratunya Ayam' yang berasal dari Prancis. Ayam ini punya bulu yang putih bersih dan disebut sebagai ayam yang dagingnya paling enak sedunia.

Ayam ini mirip seperti manusia, punya pola diet dan pola makan yang teratur sehingga rasa dagingnya lebih gurih. Bahkan banyak yang menyamakan Bresse dengan champagne karena kualitasnya.

Untuk ayam Bresse yang asli hanya ditetaskan dan diternak di kota Bresse, Prancis. Mereka hanya menyantap jagung yang tumbuh di Bresse dan serangga yang ada di sana. Kisaran harga satu ekor ayam Bresse yang masih kecil berkisar di angka USD 200 (Rp 2,9 juta).

4. Dong Tao

Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life


Dong Tao atau dikenal juga dengan sebutan ayam naga, merupakan jenis ayam mahal asal Vietnam yang popularitasnya sudah mendunia. Ayam yang satu ini terkenal dengan kaki atau cekernya yang besar dan sedikit menyeramkan.

Bahkan ceker Dong Tao besarnya bisa sama seperti pergelangan tangan manusia. Selain itu potongan daging ayam Dong Tao juga sangat mahal karena rasanya yang enak.

Sayangnya Dong Tao cukup langka karena kaki mereka yang terlalu besar menurunkan produksi telur. Karena kelangkaan ini harganya meningkat tajam, sepasang ayam Dong Tao kisaran harganya bisa mencapai USD 2,500 (Rp 36,6 juta).


5. Ayam Cemani

Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life


Tentu saja Ayam Cemani asal Indonesia masih menempati posisi pertama sebagai ayam paling mahal di dunia. Disebut juga sebagai 'Lamborghini' di spesies unggas, ayam berwarna hitam pekat ini selalu menarik perhatian.

Ayam Cemani terkenal dengan bulunya yang berwarna hitam legam. Tak hanya bagian luarnya bahkan darah dan tulangnya pun berwarna hitam. Spesies Ayam Cemani yang langka dan sulit untuk diternak membuat harganya sangat tinggi.

Terhitung ada sekitar 3500 ekor Ayam Cemani yang tersisa, kebanyakan Ayam Cemani berada di Eropa dan di Indonesia. Bahkan untuk masuk ke dalam waiting list pembelian Ayam Cemani butuh biaya Rp 1,5 juta. Sementara sepasang Ayam Cemani kini kisaran harganay sudah mencapai USD 5000 (Rp 73,3 juta).

Sumber:detik.com