Buka Musrenbang, Ramli MS Ingatkan Sistim Pembangunan Daerah Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Buka Musrenbang, Ramli MS Ingatkan Sistim Pembangunan Daerah Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat
Ist

Meulaboh, Acehbisnis.com - Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS membuka kegiatan Musrenbang terakhir penyusunan RKPD 2021 Kecamatan Pante Ceureumen di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (27-02/20).

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan sistim pembangunan daerah yang harus sesuai kebutuhan masyarakat bukan selera pejabat, yang penurunan mulai dari tingkat Gampong, mukim, kecamatan hingga kabupaten.

"Kegiatan yang diusulkan harus memenuhi hak dasar masyarakat dan juga dilihat dari urgensinya, dalam hal ini Keuchik harus memberi dukungan penuh terhadap program prioritas yang diusulkan bersama dengan membubuhi tandatangan dan stempel Gampong sehingga saat pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) tidak mudah dihapuskan atau bahkan hilang dari agenda pembahasan," ujar Bupati.

Oleh karena itu, Bupati kembali menekankan pentingnya ketersediaan Data yang Valid agar saat di verifikasi semua dokumen lengkap.

Bupati juga berharap Gampong juga siapkan Profil Gampong yang lengkap mulai dari data luas Gampong hingga pemetaan potensi nya sehingga memudahkannya dalam mengambil kebijakan.

Dalam kesempatan Musrenbang ini Ramli mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan negara Republik Indonesia dengan ikut bersama-sama membangun daerah.

"74 Tahun Negara kita merdeka masih banyak kita lihat saudara-saudara kita yang berada di garis kemiskinan dibuktikan dengan masih perlu nya program rumah dhuafa, sedih kita lihat kondisi masyarakat kita imbuh Ramli MS, mari kita implementasi kan Pancasila sesuai dengan butir-butir nya," ajaknya.

Ramli juga menghimbau kepada Ibu-ibu penggerak PKK agar tidak selalu mengagendakan program buat kue, tetapi program-program keagamaan seperti majelis ta'lim, zikir Akbar, dan rateb siribee yang di gagas oleh ibu ibu, dan Ramli berharap mendapat undangan untuk kegiatan keagamaan tersebut.

Untuk kegiatan pemilihan Tuha Peut Ramli MS berharap tidak kaku dengan aturan, dalam arti agar dapat menyesuaikan dengan keadaan, misalnya persyaratan maju sebagai anggota Tuha Peut yang harus memiliki Ijazah minimal SMU, Bupati berharap bisa juga diikuti oleh orang-orang yang tidak mempunyai ijazah setingkat SMA, karena mereka memiliki pengalaman dalam mengurus pemerintah Gampong.

Dalam hal ini Bupati Ramli MS berharap agar pemimpin di tingkat Gampong ini mampu memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan Gampong dan mampu membesarkan masyarakat dan bukan dibesarkan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini Bupati Ramli MS juga mengklarifikasi kejadian yang menimpa dirinya di Pendopo beberapa hari yang lalu, dan dia berharap agar masyarakat tidak tergiring oleh opini yang menyesatkan karena kejadian itu merupakan jebakan dan pembunuhan karakternya.

"Masyarakat dihimbau untuk tenang dan menjalankan pemerintahan di Gampong sebagaimana biasanya," ungkapnya.

Bupati Ramli MS diakhir sambutannya mengintruksikan agar menyisikan dana Gampong untuk kegiatan pemantapan idiologi Pancasila dan masyarakat diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 8
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 7
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 6
HUT ACEH BISNIS BANK ACEH
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 10