BPBK Abdya Gelar Apel Siaga Bencana

BPBK Abdya Gelar Apel Siaga Bencana
Kapolres Abdya AKBP Moh Basori Bersama Wabup Muslizar MT dan Pihak Lainnya Mengecek Alat-Qlat di Lokasi Apel Bencana. (Foto AcehBisnis/Yusnizar)

Blangpidie - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya (BPBK Abdya) Rabu (11/12/2019) pagi di Lapangan Upacara Kantor Bupati setempat mengelar Apel Siaga Bencana. Kapolres AKBP Moh Basori bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup).

Apel yang dimulai tepat pukul 08.30 Wib juga dihadiri oleh Wabup Muslizar MT, Sekda Drs Thamrin, Perwakilan anggota Forkopimda, para Asisten, para Kepala SKPK, Camat dan Kepala BPBK Abdya Drs Amiruddin. Sementara peserta upacara adalah TNI, Polisi, ASN, Pemadam, Tagana, anggota Pramuka, Satpol PP, RAPI dan SAR.

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori pada kesempatan itu menyebutkan, disadari ataupun tidak, bencana sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Upaya tanggap darurat serta pencegahan bencana harus terus dilakukan dalam mengantisipasi potensi bencana di wilayah ini. Hal ini perlu dilakukan agar dampak bencana serta korban dapat terus ditekan, sehingga kerusakan lingkungan akibat bencana yang kerap timbul dapat dikendalikan.

Menurutnya, kecenderungan terjadinya bencana yang signifikan dengan intensitas dan frekuensi yang cukup luas pada akhirnya selalu menimbulkan kerugian yang besar. Menyikapi hal itu, dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana serta Peraturan Pemerintah terkait penanggulangan bencana akan menjadi mandat yang harus diemban serta menjadi dasar operasional dalam pelaksanaan tupoksi kebencanaan.

Satu hal lagi yang perlu dicatat kata Kapolres Abdya adalah tidak ada yang mampu menjamin daerah ini akan terbebas dari segala jenis bencana, apapun jenisnya baik itu bencana alam, bencana non alam maupun bencana sosial. Terlebih lagi wilayah kabupaten ini memang merupakan salah satu kabupaten dalam Propinsi Aceh yang memiliki potensi cukup besar terhadap berbagai macam bencana, baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

Untuk itu katanya, yang sangat diperlukan adalah bagaimana bisa membangun pemahaman, kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana yang dimulai dari sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana, karena memang tanggung jawab penanggulangan bencana tidak hanya berada di pundak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten semata, tapi juga menjadi tanggung jawab semua.

Dikatakan, Apel Siaga ini digelar bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam upaya penanggulangan setiap bencana yang terjadi. Selain itu apel siaga ini juga dalam rangka melakukan pengecekan kesiap siagaan penanggulangan bencana yang tergabung dalam Satgas Siaga Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya serta juga untuk melihat kesiap siagaan peralatan, petugas maupun relawan.

Sementara itu, Kepala BPBK Kabupaten Abdya Drs Amiruddin kepada AcehBisnis Rabu (10/12/2019) menyebutkan, apel ini diselenggarakan untuk mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya bencana mengingat cuaca ektrim. "Ini penting untuk mengantisipasi keadaan supaya warga mengetahui. Bencana datang secara tiba-tiba makanya kita buat apel ini supaya kita lebih siap,"ucapnya.

Sementara mengenai kesiapan alat, Amiruddin mengaku alat siap pakai semua. Bahkan tadi telah dicek oleh Kapolres usai pelaksanaan apel. Bukan hanya milik BPBK yang dicek melainkan semua alat dicek termasuk milik Dinas Kesehatan, PUPR, Dinas Sosial dan SKPK lainnya yang dibawa ke lokasi apel.

Mantan Sekretaris PUPR itu juga menghimbau warga bila ada banjir atau longsor maka berhati hati dan segera melaporkan kepada pihaknya. Kemudian yang terpenting adalah tidak membuang sampah pada sungai tapi buang pada tempatnya sehingga tidak menimbulkan bencana dikemudian hari gara-gara sampah.

"Budayakan kembali gotong royong di seluruh gampong di Abdya. Baik pada Hari Jumat atau hari lainnya. Gotong Royong penting dilaksanakan,"demikian Kepala BPBK Abdya.()

WTP Pemkab Pidie