Bill Gates Tak Mau Vaksin Corona Dikuasai Pihak Ini

Bill Gates Tak Mau Vaksin Corona Dikuasai Pihak Ini
Bill Gates. Foto: Reuters

Seattle- Vaksin Corona yang saat ini sedang digarap beberapa pihak sangat ditunggu demi mengatasi pandemi. Bill Gates yang telah banyak berdonasi untuk pengembangannya menyatakan, obat maupun vaksin tersebut tidak boleh dikuasai oleh pihak tertentu yang memberikan penawaran tertinggi.

Ia menekankan vaksin Corona harus tersedia bagi negara-negara dan orang yang paling membutuhkan. Jika dibiarkan bergantung pada kekuatan pasar, maka pandemi Corona menurutnya akan berlangsung semakin lama.

"Jika kita membiarkan obat dan vaksinnya jatuh ke penawar tertinggi, ketimbang orang dan tempat yang paling memerlukannya, kita akan mengalami pandemi mematikan ini lebih lama," katanya dalam rekaman video di event yang diselenggarakan International AIDS Society.

"Kita membutuhkan para pemimpin untuk melakukan keputusan berat itu dalam hal mendistribusikan berdasarkan keadilan, bukan hanya faktor yang didorong oleh pasar," lanjutnya.

Dengan miliaran dolar digelontorkan oleh Eropa ataupun Amerika Serikat, memang timbul kecemasan negara-negara kaya akan menguasai penangkal COVID-19, sementara negara yang kurang beruntung jadi buntung.

Gates pun memberi contoh upaya melawan HIV/AIDS sekitar dua dekade silam, di mana negara-negara bekerja sama untuk menyediakan obat sampai ke Afrika. Model semacam itu bisa ditiru pula kali ini untuk distribusi vaksin Corona.

"Salah satu pelajaran terbaik dalam melawan HIV/AIDS adalah pentingnya membangun sistem distribusi global yang besar dan adil untuk menjadikan obat-obatan tersedia bagi setiap orang," cetus sang pendiri Microsoft.

Beberapa waktu silam, Bill Gates juga pernah menyebut bahwa masalah keuntungan atau harga vaksin Corona yang turut ia bantu pendanaannya sama sekali tidak ia pikirkan.

"Kami mendanai inovator untuk menciptakan vaksin, kami akan mendapatkan komitmen bahwa mereka tidak akan mencoba membuat profit berarti dari hal ini, karena ini adalah tipe kebutuhan darurat," tegasnya.

"Kami akan membuat vaksin Corona tersebut semurah yang kami bisa dan tidak ada keraguan bahwa uang (kami) akan atau seharusnya mendanai pembelian vaksin itu untuk setiap orang di planet ini," tambah Bill.

Sumber:detik.com