BI: Ayo Beli dan Gunakan Produk UMKM Aceh

BI: Ayo Beli dan Gunakan Produk UMKM Aceh
Kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021.

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani mengajak seluruh komponen di provinsi itu mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk-produk UMKM di Indonesia, termasuk Aceh.

“Usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional umumnya dan Aceh khususnya,” kata Achris Sarwani di Banda Aceh, Jumat malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021 di kantor Bank Indonesia Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan dalam skala regional, UMKM telah mampu memberikan kontribusi 69,11 persen terhadap pendapatan regional domestik bruto (PDRB) Aceh.

Ia mengatakan sebagai bentuk dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh menyelenggarakan kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh memberikan sarana diskusi berupa talkshow mempertemukan UMKM dengan usaha besar, sehingga para pelaku usaha dapat memahami langkah dan kebutuhan diperlukan untuk pengembangan usaha guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Ia menambahkan melalui kegiatan tersebut dapat memperluas implementasi QRIS guna mendorong digitalisasi UMKM dan menyelenggarakan pelatihan pengolahan produk lokal unggulan Aceh.

“Kami berharap melalui Kegiatan tersebut juga dapat memperkuat akselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, percepatan perputaran siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal, dan mendorong nation branding produk lokal unggulan,” katanya.

Achris Sarwani mengatakan sesuai arahan pada peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Presiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat membantu sesama dengan belanja di usaha kecil, mikro, ultramikro dan membeli karya-karya serta produk-produk Indonesia.

Gernas BBI bertujuan antara lain akselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, percepatan perputaran siklus ekonomi dan mendorong semangat bangga produk lokal.

Sumber:Antaraaceh