BI Aceh Dukung Operasional Jalan Tol Sibanceh dengan Ketersediaan Uang Elektronik

BI Aceh Dukung Operasional Jalan Tol Sibanceh dengan Ketersediaan Uang Elektronik

Banda Aceh, Acehbisnis.com - Bank Indonesia melakukan pertemuan dengan PT Hutama Karya Cabang Banda Aceh dan perbankan penerbit uang eletronik yaitu BNI, BNI Syariah, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri, BCA dan BCA Syariah. 

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut rencana beroperasinya jalan tol Trans Sumatera, ruas Banda Aceh-Sigli, seksi IV (Indrapuri-Blangbintang) sepanjang 14 kilometer yang diperkirakan akan segera dioperasikan akhir bulan Juli 2020.

Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka kesiapan perbankan dalam melayani masyarakat dalam penyediaan uang elektronik sebagai alat pembayaran dalam tol tersebut.

Pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan persiapan aspek teknis baik dari sisi pengelola (PT Hutama Karya) maupun perbankan terkait sebagai penerbit uang elektronik.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Zainal Arifin Lubis menyambut baik pengoperasian tol tersebut sebagai salah satu langkah akselerasi perekonomian di Aceh. 

Proyek dengan nilai investasi yang mencapai Rp 12,9 triliun itu diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi di Aceh nantinya, terutama di jalur-jalur yang dilalui.

"Bank Indonesia juga berharap elektronifikasi pembayaran jasa jalan tol nantinya akan membantu pembentukan ekosistem pembayaran nontunai di Aceh," katanya Kamis (18/6/3020) kemarin.

Perbankan, khususnya perbankan issuer uang elektronik siap dan bersedia mendukung implementasi elektronifikasi pembayaran jasa jalan tol terutama dari sisi ketersediaan uang elektronik dan layanan pendukung.

Sejalan dengan penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11 Tahun 2018, Bank Syariah yang beroperasi di Aceh menyatakan siap dalam menyediakan uang elektronik dan hal lainnya yang diperlukan dalam rangka operasionalisasi tol tersebut. 

"Bank Indonesia, PT Hutama Karya dan Perbankan akan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi bersama dalam rangka membangun awareness dan meningkatkan akseptasi masyarakat terhadap pembayaran non tunai di jalan tol,"pungkasnya.()