Bhabinkamtibmas Sei Kuruk II Terus Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Wabah Covid-19

Bhabinkamtibmas Sei Kuruk II Terus Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Wabah Covid-19
Pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan rapid tes terhadap warga di Kampung Sei Kuruk II, Kecamatan Seruway, Jumat, (26/6/2020) (dok/indra)

Aceh Tamiang, Acehbisnis.com – Anggota Polisi Resort Aceh Tamiang, Briptu Deny Eko Syahputra, yang bertugas sebagai bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kampung Sei Kuruk II, Kecamatan Seruway, akan terus menerapkan protokol kesehatan dalam penanganan coronavirus (Covid-19) di Kabupaten itu.

Kampung Sei Kuruk II memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.385 jiwa, dengan luas sekitar 995 hektar. Dan Kampung ini berada tepat ditengah desa lainnya yang terdapat sejumlah ‘jalur tikus’ jalur bersandarnya kapal dari luar negeri, seperti TKI illegal, atau pun penyeludupan barang yang kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 yang menjadi tantangan Bhabinkamtibmas Kampung Sei Kuruk II yakni Briptu Deny Eko Syahputra.

“Kampung Sei Kuruk II merupakan jalan lintas dari sejumlah kampung pesisir yang berbatasan alur menuju laut. Disepanjang jalur alur ini juga dilakukan patroli bersama Polisi Air, Babinsa, serta masyarakat untuk memastikan kondisi alur dalam tetap terjaga dari masuknya kapal dari luar,”ungkap Briptu Deny Eko Syahputra, kepada Acehbisnis.com, Jumat (26/6/2020).

Sebagai Bhabinkamtibmas, kata Briptu Deny, warga pendatang maupun warga setempat selalu diberikan informasi pendidikan, terkait tata cara menjaga diri sesuai dengan protokol kesehatan, dan anjuran Pemerintah. Begitu juga memantau aktifitas keluar masuknya warga di seputaran Kampung Sei Kuruk II, khususnya warga pendatang wajib laporkan diri.

”Setiap orang yang datang di Kampung Sei Kuruk II, terutama di posko Covid-19 wajib menggunakan masker, dan  cuci tangan ditempat yang telah disediakan. Kemudian dilakukan pengecekan suhu badan dengan menggunakan rapid tes. Untuk alat rapid tes sebanyak 3 unit digunakan untuk kampung ini sendiri,”sebutnya.

Dengan penanganan yang cukup ekstra dipastikan di Kampung Sei Kuruk II tidak ada status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Bagi warga setempat yang diketahui riwayat perjalan dari luar daerah diminta melakukan isolasi diri secara mandiri di rumah selama 14 hari. 

“Walau kita sudah memasuki new normal, protokol kesehatan tetap diterapkan. Termasuk penyemprotan desinfektan dengan menggunakan mobil tangki dipermukiman warga. Bhabinkamtibmas terus melakukan pendampingan terhadap kegiatan dan upaya Pemerintah Kampung dalam penanganan Covid-19,”tegasnya.

Akibat dampak ekonomi, masyarakat Kampung Sei Kuruk II yang mata pencariannya 70 persen merupakan petani itu mendapatkan bantuan, dan bantuan telah disalurkan tepat sasaran, sesuai dengan aturan yang ada serta berjalan aman.

“Alhamdulilah, selama penyaluran bantuan tidak menimbulkan hal yang negatif. Termasuk bantuan sembako yang diberikan Polsek, Koramil, Seruway, beberapa hari lalu,”kata Briptu Deny.

Untuk memastikan tidak terjadinya tindakan kriminal dampak dari Covid-19 kata Deny, dirinya sering mngimbau kepada masyarak untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berurusan dengan hukum. Begitu juga melakukan kunjungan di dua sekolah tingkat SD dan SMP. “Sejak corona aktifitas sekolah diliburkan. Oleh karena itu, perlu menjaga fasilitas yang berharga milik sekolah, dari aksi kemungkinan pencurian,”ujar Briptu Deny.

Sementara itu, Datok Kampung Sei Kuruk II, Ramadanil mengaku sangat mengapreasiasi kinerja Briptu Deny Eko Syahputra, sebagai Bhabinkamtibmas Kampung Sei Kuruk II, Kecamatan Seruway. “Pendampingan terhadap tugas dan fungsinya sebagai Polisi tidak hanya mengandalkan baju dinas saja, akan tetapi aksi nyata di masyarakat,”ungkap Datok  Ramadanil.

Bukti nyata itu, kata Datok Ramadanil, Briptu Deny Eko Syahputra, cukup aktif dalam mensosialisasikan serta menghimbau warga untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan serta mematuhi aturan pemerintah.

Beberapa hari lalu dilakukannanya perlombaan Kampung Siaga Lawan Covid 19 yang dilaksanakan di Kampung Sei Kuruk II yang dihadiri seluruh jajaran Polisi resort Aceh Tamiang. “Dipilihnya kegiatan lomba Kampung Lawan Covid-19 yang dilaksanakan di kampung ini tidak terlepas dari kinerja baik Briptu Deny Eko Syahputra, sebagai Bhabinkamtibmas,”pungkas Datok Ramadanil.()

WTP Pemkab Pidie