Bea Cukai Aceh Musnahkan 48,8 Ribu Bungkus Rokok Ilegal

Bea Cukai Aceh Musnahkan 48,8 Ribu Bungkus Rokok Ilegal
Foto: Istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Kantor wilayah Bea Cukai Aceh mengelar pemusnahan sebanyak 48.812 batang rokok ilegal dan 2 truk barang ilegal lainnya di Kanwil Bea Cukai Aceh, Kamis (01/04/2021) di Banda Aceh.

Barang yang dimusnahkan diantaranya 43.812 batang dan 5 ribu bungkus rokok ilegal, selain itu juga pakaian, telepon genggam, aksesorisnya, kosmetik dan alat kecantikan, sepatu, susu, suplemen, makanan dan minuman kemasan, serta barang impor ilegal lainnya.

Pemusnahan rokok ilegal dan barang-barang lainnya ini dilakukan dengan cara membakar kemudian membuangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Barang ilegal yang dimusnahkan ini merupakan rokok ilegal impor dengan merk Luffman yang tidak dilekati pita cukai,"jelas Kepala Bidang Kehumasan Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Irwantoro di Banda Aceh.

Dikatakannya, barang ilegal yang dimusnahkan ini merupakan hasil tegahan oleh Satuan Petugas (Satgas) Bea Cukai di Provinsi Aceh yang telah melaksanakan patroli darat maupun patroli laut di wilayah Provinsi itu.

Ia juga mengharapkan peredaran rokok ilegal di provinsi ini berkurang yang pada akhirnya dapat memenuhi target nasional persebaran rokok ilegal sebanyak 3% pada tahun 2021.

"Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak turut serta membeli, menjual, mendistribusikan, maupun menimbun rokok ilegal,"pungkasnya.()