Banleg Akan Segera Paripurnakan Raqan RDTR Jadi Qanun

Banleg Akan Segera Paripurnakan Raqan RDTR Jadi Qanun
Ketua Badan Legislasi DPRK Banda Aceh H. Heri Julius.(Ist)

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh telah selesai membahas Rancangan Qanun Kota Banda Aceh tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Raqan tersebut direncanakan akan disahkan pada 10 November 2020 mendatang.

"InsyaAllah, Kalau tidak ada halangan Raqan RDTR akan di paripurnakan pengesahannya menjadi qanun pada 10 November mendatang,"ungkap Ketua Banleg, Heri Julius kepada awak media di Banda Aceh, Senin (02/11/2020).

Sebelumnya, Banleg telah menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) atau public hearing Rancangan Qanun Kota Banda Aceh tentang RDTR yang digelar di Gedung DPRK Banda Aceh pada Senin (31/08/2020). Kegiatan itu, untuk menampung ide dan gagasan dari seluruh pihak terkait terhadap Raqan RDTR tersebut.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kata Heri Julius, Banleg DPRK Banda Aceh tetap menunjukkan dedikasinya untuk menyelesaikan target dari tugasnya yaitu menyelesaikan raqan RDTR dan mengesahkan Qanun RDTR Kota Banda Aceh itu.

Hal itu dilakukan Heri Julius dikarenakan masyarakat sangat berharap Raqan RDTR yang telah dibahas tersebut agar segera disahkan menjadi Qanun Kota Banda Aceh. "Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini, Banleg akan memparipurnakan Raqan RDTR menjadi Qanun,"ungkap dia.

Menurut Heri, raqan RDTR sangat penting untuk segera disahkan mengingat qanun tersebut mengatur konsep dan perencanaan masa depan kota Banda Aceh. "Karena dalam qanun ini ada beberapa hal nantinya yang diatur, bagaimana pusat-pusat bangunan baru yang kemudian akan segera muncul di Banda Aceh itu disesuaikan dengan Qanun RDTR."

Selain itu, kata dia, dalam qanun tersebut juga diatur semua yang menyangkut dengan lokasi permukiman, lokasi aktivitas perdagangan masyarakat, serta juga mengatur tata ruang lainnya agar Banda Aceh terlihat lebih indah atau tidak terlihat semrawut.

"Kita harapkan dengan disahkan raqan RDTR menjadi qanun nantinya wajah Kota Banda Aceh akan terlihat tertata rapi dan indah,"pungkasnya.(*)