Arsjad Rasjid: Pengembangan Ekonomi Butuh Kerjasama Pengusaha di Daerah

Arsjad Rasjid: Pengembangan Ekonomi Butuh Kerjasama Pengusaha di Daerah
Calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kanan) bersama Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (tengah), Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bersama pengurus Kadin Provinsi Aceh di Banda Aceh, Minggu (16/5/2021).

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Calon Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menegaskan bahwa pengembangan ekonomi di daerah membutuhkan kerjasama pengusaha nasional dengan daerah. 

"Kita ingin kerjasama pengembangan dan kolaborasi antara pengusaha di nasional dengan pengusaha daerah," kata Arsjad Rasjid, di Banda Aceh, Minggu (16/5/2021). 

Pernyataan itu disampaikan Arsjad Rasjid saat menghadiri kegiatan Halal Bihalal dan silaturahmi bersama pengurus Kadin Provinsi Aceh. 

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional ini turut didampingi Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, setelah sebelumnya membahas sejumlah rencana investasi bersama Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Meuligoe Gubernur Aceh.

Arsjad mengatakan, Kadin akan selalu membangun kemitraan dengan pengusaha daerah bagaimana membangun perekonomian, terutama membantu para pengusaha UMKM di daerah. 

Arsjad menyampaikan bahwa pihaknya bakal menciptakan lebih banyak lagi pelaku usaha UMKM di daerah, apalagi saat ini Pemerintah sudah melakukan holding company melalui BUMN dalam rangka mensupport UMKM. 

"Bahkan, kami juga ada ide sendiri untuk membuat pembiayaannya. Namun, kuncinya adalah perlu bekerjasama," ujarnya.

Selain itu, mengenai investasi, sebagai pengusaha ia juga terus berfikir bagaimana memberikan dukungan kepada pengusaha di daerah sebagai upaya melihat peluang investasi.

Direktur Utama PT Indika Energy ini berkomitmen akan selalu bersedia memberikan dukungan penanaman modal hingga ke daerah-daerah. Hanya saja perlu dipetakan project investasi bagaimana. 

"Kalau persoalan energi kita berkomitmen, kita sudah menyiapkan USD 500 juta untuk investasi energi khususnya tenaga surya. Sekarang tinggal memilih project mana dan itu menjadi komitmen kita," tegas Arsjad. 

Arsjad menambahkan, dirinya juga akan berusaha untuk menciptakan penguatan ekonomi daerah, masyarakat pengusaha sehingga nantinya lebih banyak pengusaha di Indonesia.

"Saya berharap kita bangun bersama, Insyaallah semua kandidat itu baik, dan harapan saya pilihan Kadin Aceh itu adalah Arsjad Rasyid," tuturnya.

Sementara itu, PJS Ketua Kadin Provinsi Aceh Muhammad Mada berharap kepada Arsjad Rasjid untuk selalu mengunjungi Aceh, bukan hanya karena menjelang Munas Kadin atau dalam rangka kampanye saja. 

"Harapan kami tidak berkunjung saat-saat momen seperti ini saja, tetapi harus selalu memperhatikan Kadin Aceh," harap pria yang akrab disapa Cek Mada itu.

Cek Mada mengharapkan kepada Arsjad Rasjid ke depan dapat membantu mengkoneksikan kartu tanda anggota (KTA) Kadin Aceh ke Online Single Submission (OSS). 

"Kita minta dibantu koneksikan KTA dengan OSS, dan kita juga berharap jika terpilih jangan ada lagi dualisme Kadi," pungkasnya.