Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?

Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?
Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Foto: iStock

Jakarta, Aceh Bisnis - Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Namun, perlukah mencuci kurma sebelum dimakan? Jika ya, bagaimana cara mencucinya?.

Buah kurma identik dengan bulan suci Ramadhan. Bahkan Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan tiga butir kurma sebelum akhirnya makan makanan yang berat.

Selain merupakan sunnah nabi, berbuka puasa dengan buah kurma dapat memberikan banyak khasiat kesehatan. Biasanya ada dua jenis kurma, yaitu kurma kering dan kurma segar.

Namun, sebelum mengonsumsi kurma ada baiknya untuk mencuci terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap debu dan kontaminasi kuman pada pembungkus saat pengemasan.

Perlu diketahui bahwa semua jenis kurma baik yang kering maupun yang fresh, kemudian dikemas atau tidak, semuanya belum dicuci sebelum sampai ke tangan konsumen. Karenanya disarankan untuk mencuci kurma dengan tepat.

Namun, jangan sampai kurma terkelupas saat dicuci. Selain itu, mencuci kurma sebaiknya saat ingin dikonsumsi saja. Hindari untuk mencuci semua kurma kemudian menyimpannya di dalam kulkas dan dibiarkan menumpuk.

Hal tersebut dapat merusak tekstur kurma dan kulitnya mengendur, sehingga masa simpannya menurun. Bukan hanya itu, cara tersebut juga bisa menyebabkan fermentasi dan rasa buah yang tidak enak, lapor Crystaldates.co.

Jadi sebaiknya mencuci kurma beberapa buah yang ingin dimakan saja. Sementara sisanya kembali disimpan dalam kemasan yang tertutup rapat. Lantas bagaimana cara mencuci kurma?

Seorang pengguna TikTok dengan akun @azween_muzani membagikan tips mencuci kurma dalam sebuah video singkat. Pertama siapkan wadah berupa baskom dan saringan.

Kemudian, masukkan kurma ke dalam baskom. Masukkan garam dan tambahkan air. Tunggu selama beberapa menit, lalu pindahkan kurma ke wadah lain menggunakan saringan.

Cara tersebut dapat menyisakan debu-debu pada wadah. Selain mencuci kurma, menyimpan kurma juga ada caranya. Cara menyimpan kurma berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Biasanya kurma yang fresh atau basah perlu disimpan pada suhu rendah di lemari es atau freezer. Namun, berbeda dengan kurma kering yang tidak memerlukan pendinginan sama sekali.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh