Antisipasi Virus Corona, Kajari Abdya Kerjasama dengan Dinkes

Antisipasi Virus Corona, Kajari Abdya Kerjasama dengan Dinkes
Kajari Abdya Kerjasama dengan Dinkes Antisipasi Penyebaran Virus Corona.()

Blangpidie, Acehbisnis.com - Kejaksaan Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya (Kajari Abdya) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten setempat untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di daerah itu.

Kerjasama itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin) Kejaksaan Agung Nomor B-100/C/CUM.1/03/2020 Tertanggal 3 Maret 2020. Surat edaran itu ditujukan ke seluruh Kejati dan Kejari se Indonesia.

"Tujuan kami menggandeng Dinkes adalah untuk pencegahan dan penanggulangan virus Corona di Kabupaten Abdya,"ucap Kajari Abdya, Nilawati SH MH kepada Wartawan, Senin (9/3/2020). 

Menurutnya, Kajari meminta Dinkes Abdya untuk mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan masuknya virus corona. Pendeteksian melalui alat pengukuran suhu terhadap pegawai, melakukan sosialisasi mengenai gejala, tanda-tanda dan cara-cara mengenai upaya pencegahan dan penularan virus corona. 

Pihak Dinkes juga melakukan penyampaian dan penerapan etika atau kebiasaan yang berkaitan dengan kesehatan pribadi di lingkungan seperti etika batuk atau bersin serta kebiasan mencuci tangan dengan baik dan benar.

"Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh seluruh pegawai dan honorer Kejari Abdya serta melakukan pembersihan tangan dengan cairan antiseptik. Alhamdulillah hasil dari pemeriksaan suhu tubuh tersebut semua pegawai dan honorer di Kejari Abdya dinyatakan sehat dan aman dari serangan virus corona,”katanya.

Safliati SST M.Kes, Kepala Dinkes Abdya menyebutkan, upaya pencegahan sejak dini sangatlah penting, dengan menerapkan pola hidup sehat. Langkah dan upaya Kejari Abdya dalam melakukan pencegahan dengan menggandeng Dinkes sangat tepat dan patut didukung serta diapresiasi. Sehingga seluruh pegawai Kejari dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan yang seharusnya dilakukan, serta menerapkan pola hidup sehat.

Dinkes Abdya memberikan penyuluhan kepada seluruh pegawai Kejari Abdya terutama tentang cara pencegahan yang dilakukan. Seperti teknik mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang baik dan benar setidaknya selama 20 detik. "Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Menggunakan masker yang berguna untuk menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus corona,"sebutnya.

Kemudian juga rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, daging tanpa lemak. Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus corona.

Lebih lanjut dikatakan, upaya pencegahan virus corona kepada seluruh lapisan masyarakat terus disampaikan melalui sosialisasi baik turun langsung ke lapangan juga melalui himbauan tertulis dalam bentuk baliho dan spanduk.()

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh