Antisipasi Covid 19, RSUTP Abdya Tiadakan Jam Besuk Pasien

Antisipasi Covid 19, RSUTP Abdya Tiadakan Jam Besuk Pasien
Direktur RSUTP Abdya dr Adi Arulan Munda

Blangpidie, Acehbisnis.com - Pihak Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Kamis (19/3/2020) mulai meniadakan jam besuk atau kunjungan pasien.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 tidak menyerang masyarakat di daerah tersebut.

"Ya benar, mulai hari ini, jam besuk untuk sementara tidak ada. Ini kami lakukan untuk menghindari Covid-19,"kata Direktur RSUTP Abdya dr Adi Arulan Munda dihubungi AcehBisnis Kamis (19/3/2020) malam.

Menurutnya, ada beberapa poin yang dilarang selain meniadakan jam besuk itu ternasuk RSUTP juga melarang anak-anak dibawah 12 tahun untuk masuk dalam area RSUTP.

"Ini sangat berbahaya dan bukan main-main. Pemerintah sayang dan peduli sama masyarakat makanya untuk sementara waktu ini diterapkan,"kata Adi Arulan Munda.

Selanjutnya kata dia, pasien yang masuk IGD dan rawat inap termasuk rawat jalan hanya boleh didampingi pihak keluarga satu orang. Pendamping itu, lanjutnya, harus dalam keadaan sehat.

"Pasien rawat inap, sementara waktu tidak dibolehkan dikunjungi dan kalau ada anggota keluarga yang sedang dirawat mari sama-sama berdoa supaya cepat sembuh dan jangan ke rumah sakit,"sebutnya.

Direktur RSUTP Abdya itu berharap, baik keluarga pasien dan kerabat, bisa mematuhi imbauan tersebut, guna meningkatkan upaya kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Pihaknya juga meminta petugas keamanan untuk melakukan patroli, dan mensosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat setempat.

Ditanya sampai kapan larangan itu diterapkan. Adi Arulan Munda mengaku tidak mengetahuinya karena himbauan ini dilakukan oleh pemerintah.()

HUT ACEH BISNIS BANK ACEH