Alta, Kota Hantu Pertama yang Punya Teknologi Canggih

Alta, Kota Hantu Pertama yang Punya Teknologi Canggih
Kota hantu Alta (Getty Images/iStockphoto/DjordjeZ)

Alta, Aceh Bisnis - Sebuah kota di Colorado menjadi atraksi wisata yang menarik, Alta. Julukannya adalah kota hantu dengan pemandangan luar biasa indah.

Kota Alta berada di sebuah jalan menuju hutan dekat Telluride. Tepatnya di antara Kota Telluride dan Rico. Bekas kota kecil ini memang populer di kalangan turis.

Melihat ke belakang, Kota Alta adalah bekas tambang yang berjaya pada masanya. Di mulai pada tahun 1877, Pat Cullen, Frank Dimik an Thomas Knott menemukan bijih bumi dan menamai tambang itu itu Gold King.

Gold King yang berada di ketinggian 3.657 mdpl masih tertutup salju musiman. Pelan-pelan area hutan mulai digunduli supaya bisa mengeruk hasil bumi dengan lebih leluasa.

Tambang menghasilkan emas, perak, tembaga dan timah pada awalnya. Namun harga batu bara saat itu lebih tinggi dan Gold King kalah saing. Dengan terpaksa Gold King harus tutup.

Sang manajer tambang, Lucien Lucius Nunn tak mau berdiam diri. Mencoba untuk lebih maju, dia membangun pembangkit listrik bolak-balik komersil pertama di dunia atau sistem transmici AC Tesla.

Sistem ini dibangun sejauh tiga mil dari pusat tambang. Adanya sistem transmisi ini, Gold King bisa memangkas uang produksi dari USD 2.500 per bulan menjadi USD 500 saja.

Dianggap sebagai penyelamat tambang, Nunn akhirnya membangun pembangkit listrik tenaga air di Air terjun Niagara, Ontario.

Kota hantu Alta Foto: (google maps)

Seiring berjalannya waktu, Gold King makin berkembang. Kota ini mulai punya kantor, toko kelontong, sekolah, asrama, ruang rekreasi dan beberapa kabin. Hanya kantor pos dan gereja yang tidak ada.

Transportasi tambang mulai menggunakan terowongan yang diberi nama Black Hawk. Alta juga membangun trem sebagai alat angkut hasil bumi yang diantar langsung ke stasiun kereta api.

Alta semakin bersinar. Tak seperti tambang kebanyakan, Alta mampu bertahan selama Perang Dunia II. Alta bahkan mampu untuk membangun salah satu kamp pertambangan besar terakhir di Colorado saat itu.

Kota hantu Alta Foto: (google maps)

Namun nasib naas tak dapat dihindari. Terjadi kebakaran hebat tahun 1948 dan membumihanguskan komplek tambang. Hanya ada 20 bangunan yang tersisa kini.

Pemerintah Colorado menjadikannya situs sejarah yang dilindungi. Karena tak ada yang tinggal di sana, Alta mulai dikenal sebagai kota hantu.

Biar julukannya kota hantu, tapi Alta sangatlah indah. Masih dengan suasana pegunungan dan rumah-rumah kayu yang elegan, Kota Alta menjadi salah satu wisata wajib jika liburan ke Colorado.

Sumber:detik.com