Alasan Mengapa Banyak Bus Sumatera yang Pakai Tameng Besi di Kaca Depan

Alasan Mengapa Banyak Bus Sumatera yang Pakai Tameng Besi di Kaca Depan
Foto: Screenshot Instagram @bissumatera

Jakarta, Aceh Bisnis - Bagi Anda yang mengikuti perkembangan dunia transportasi bus, tentunya sudah tahu jika bus-bus asal Sumatera banyak yang menggunakan terali atau tameng besi di kaca depan. Apa ya alasannya?

Dijelaskan Ketua Umum BusMania Community, Zaenal Arifin, bus Sumatera yang menggunakan tameng besi tujuannya adalah untuk keselamatan saat beroperasional.

"Tujuan awalnya, sebetulnya itu untuk menghindari lemparan batu dari orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Zaenal, dihubungi detikOto, belum lama ini.

Menurut Zaenal, kebiasaan perusahaan otobus menggunakan terali besi di kaca depan sudah dilakukan sejak lama, tepatnya ketika jaringan jalan tol Trans Sumatera belum dibangun sama sekali, sehingga bus-bus harus melewati jalan raya provinsi yang masih sepi dan rawan tindakan kriminal. Jalan yang rawan ini biasanya di lintas timur lampung dan jalur lintas tengah.

"Kalau sekarang sih sudah nggak. Begitu tol Sumatera udah jadi, kondisinya mulai aman. Nyatanya ada beberapa PO Bus yang rutenya ke Sumatera, dia nggak pakai tameng, kayak PO SAN, PO ANS, PO MPM," sambung Zaenal.

Namun seiring berjalan waktu, keberadaan terali tersebut tak hanya untuk melindungi kaca dari lemparan batu saja, tapi juga untuk melindungi kaca dari potensi tertimpa benda keras lainnya seperti ranting pohon.

Secara fungsi, tameng besi tersebut memang punya manfaat besar untuk meredam lemparan batu atau potensi kejatuhan benda lain seperti ranting pohon. Tapi secara estetika, tambahan terali di depan kaca tersebut mengurangi kadar kemewahan sebuah bus, apalagi jika bus tersebut menggunakan sasis premium dan bodi yang mewah.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh