Akui Ada MoU Impor Beras Vietnam dan Thailand, Jokowi: Buat Jaga-jaga

Akui Ada MoU Impor Beras Vietnam dan Thailand, Jokowi: Buat Jaga-jaga
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi waduk di Kabupaten Sumba Tengah, NTT. Pemerintah menyebut akan melakukan impor beras 1 juta ton. (Sumber: Kementerian PUPR)

Jakarta, Aceh Bisnis - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluruskan informasi terkait rencana impor beras yang terjadi belakangan ini. Dia memastikan tidak ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai Juni 2021.

Jokowi mengakui pemerintah memang punya Memorandum of Understanding (MoU) dengan Thailand dan Vietnam soal impor beras. Namun itu hanya untuk berjaga-jaga.

"Kita tahu sudah hampir 3 tahun ini kita tidak mengimpor beras dan saya tegaskan memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam, itu hanya untuk berjaga-jaga," ujarnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

"Mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Saya tegaskan sekali lagi berasnya belum masuk," tambahnya.

Jokowi memastikan beras dari petani akan diserap oleh Bulog dan Kementerian Keuangan akan membantu dari sisi anggaran. Untuk itu, orang nomor satu di Indonesia itu meminta perdebatan soal impor beras dihentikan.

"Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras," imbuhnya.

Sumber:detik.com
Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh