Aceh Utara Potensial Hasilkan Biji Kopi

Aceh Utara Potensial Hasilkan Biji Kopi
Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kastabuna, SP, MP memeriksa tanaman kopi warga Dusun Jabal Antara, Gampong (Desa) Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.(Analisa)

Lhokseumawe - Selain menghasilan komoditas perkebunan seperti pinang, biji kakao (coklat), komoditi dan lainnya, daerah Aceh Utara juga berpotensial menghasilkan biji kopi berkualitas ekspor. Biji kopi ini terutama dihasilkan oleh para petani di Dusun Jamal Antara, Gampong (desa) Alue Dua, Kecamatan Nisam, Antara, Aceh Utara.

Jabal Antara, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bener Meriah. Persoalan tapal batas antara kedua kabupaten ini disebut-sebut membuat para petani kebun kopi di daerah itu, belum mendapatkan perhatian lebih dari Pembab Aceh Utara.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kastabuna, SP, MP belum lama ini mengungkapkan, Aceh Utara selain potensial dengan komoditas pinang, kemiri, kakao dan komoditi kebun lainnya juga menghasilkan kopi.

Menurutnya, luas kebun kopi di Aceh Utara tercatat seluas 3.500 hektare yang tersebar di daerah dataran tinggi seperti Jabal Antara, Nisam Antara, Aceh Utara. "Daerah ini sangat potensial menghasilkan kopi, selain daerah lainnya," tegasnya.

Kendati demikian, petani kopi setempat juga belum mendapatkan pembinaan secara khusus dari pemerintah setempat. Hal ini hanya disebabkan persoalan tapal batas antara Aceh Utara dan Bener Meriah, disebut-sebut belum sepenuhnya selesai.

Disela-sela meninjau kebun kopi petani di daerah dataran tinggi Aceh Utara ini, Kastabuna juga mengungkapkan para petani kebun kopi di daerah dataran tinggi tersebut dipastikan mendapatkan perhatian serius jika soal tapal batas sudah jelas.

Selain itu, seiring terbukanya akses jalan dari Jabal Antara menuju pusat Kecamatan Nisam Antara, warga Jabal Antara yang selama ini memasarkan hasil bumi ke Kabupaten Bener Meriah juga diharapkan dapat dijual ke Krueng Geukueh, karena jarak tempuh makin dekat.

Berdasarkan pantauan, kultur tanah di Dusun Jabal Antara, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara tergolong subur dimana di lereng-lereng bukit dataran tinggi tersebut tumbuh subur tanaman-tanaman kopi berkualitas ekspor yang sudah mulai berbuah.

IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 8
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 7
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 6
HUT ACEH BISNIS BANK ACEH
IKLAN HUT ACEH BISNIS ABDYA 10